Bangsa Indonesia adalah bangsa dengan sistem republik di dalamnya terdapat struktural kepemimpinan yang diketuai atau dipimpin oleh presiden. Presiden memiliki jabatan tertinggi dalam negara, yang mempunyai tanggung jawab besar atas maju dan mundurnya negara. Kemerdekaan Indonesia yang sudah kurang lebih 70 tahun membawa arti sangat besar pada dunia, mulai dari bidang pendidikan, jual beli, keamanan, dan yang lain sehingga tidak sedikit bangsa lain pun iri atas kekayaan bangsa kita ini, yaitu Indonesia.

Mulai dari presiden pertama yang sudah memberikan hidup dan matinya kepada bangsa Indonesia, oleh karenanya dapat memerdekakan bangsa pada tanggal 17 Agustus 1945 walau banyaknya rintangan tapi dengan bertawakkal kepada Allah SWT maka layaklah bangsa Indonesia menjadi negara merdeka pada tahun 1945 M, beliaulah Ir. Soekarno. Ia sosok manusia yang patut dicontoh oleh umat dengan kegigihannya sehingga terkenang sepanjang masa.

Merdeka bukanlah akhir dari menjadinya bangsa yang baik, bahkan merdeka adalah awal dari menuju perbaikan bangsa ke arah yang lebih baik lagi. Setelah merdeka bahkan banyak dilalui dengan masalah – masalah yang baru, yang lebih menjuru kepada susunan perundang-undangan yang sudah dibuat. Pancasila menjadi acuan negara Indonesia, dengan 5 dasar tersebut banyak sekali menjadikan kekuatan lahir dan batin pada masyarakat untuk lebih mencerdaskan bangsa.

Pempimpin negara kebangsaan republik yang disebut dengan presiden mempunyai kewajiban besar terhadap negara, sehingga mempunyai dedikasi besar pula kepada negara atas sistem kerja yang presiden lakukan. Mulai dari presiden pertama hingga masa periode ke-11 terakhir, mereka sudah memiliki dedikasi masing – masing yang tak terlupakan untuk bangsa negara Indonesia.

Dedikasi menurut KBBI online – dedikasi /de·di·ka·si/ /dédikasi/ n pengorbanan tenaga, pikiran, dan waktu demi keberhasilan suatu usaha atau tujuan mulia[1]

Pengorbanan tenaga dan pikiran untuk bangsa Indonesia, menjadikan tanggung jawab besar yang mengalahkan kepentingan pribadi, itu salah satu sumpah yang mereka ucapkan di depan kepala – kepala menteri, ketua – ketua umum politik, saksi – saksi serta masyarakat Indonesia yang dipublikasikan melalui media sosial. Mereka yang sudah menjadi presiden dan membantu menjadikan Indonesia ini bangsa yang adil, makmur serta mempunyai martabat yang baik di hadapan bangsa lain.

Masa pengabdian presiden terhadap negara Indonesia selama 5 tahun mempunyai rentan waktu yang tidak lama, sehingga presiden yang terpilih oleh demokrasi pilihan suara masyarakat terbanyak, memaksimalkan kinerja kabinetnya sebagai pembantu tercapainya program kerja presiden selama 1 periode.

Hingga sampailah pada masa presiden saat ini yaitu periode ke-12, presiden terpilih yaitu Joko Widodo atau yang lebih akrab disapa Jokowi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang dampingi oleh wakil presiden yaitu Muhammad Jusuf Kalla dari Partai Golongan Karya. Tahun ini tahun ke 3 presiden dan wakil presiden menjabat menjadi pemimpin negara, pada tahun 2014 sampai dengan 2019 nanti. Partai yang berbeda bukan berarti 2 orang yang menjadi 1 pasangan ini tidak bekerja sama dengan baik, bahkan walaupun dari partai yang berbeda ketika sudah dinobatkan menjadi pemimpin yang terpilih harus menghilangkan rasa egoisme masing – masing demi mewujudkan dan mencapai cita – cita bangsa dan negara Republik Indonesia.

Sosok presiden Jokowi sebagai pribadi yang sederhana, berhati mulia dan merakyat, jujur dan kerja nyata. Hatinya dalam memimpin negara ini sangat memberi dampak positif bagi masyarakat yang memandang beliau dari kacamata hati yang benar. Beliau juga merupakan sosok fenomenal yang datang dari kalangan rakyat bawah, tetapi berkat pendidikannya di UGM dan bisnisnya di bidang mebel, lalu beliau masuk jajaran kelas menengah sampai beliau menjadi orang nomor satu di negeri ini.

Pencapaian yang sangat luar biasa dari pemerintahan Jokowi tentu ada beberapa faktor yang mampu menjadikannya sebagai orang terpandang di Indonesia. Salah satunya adalah beliau selalu aktif blusukan langsung dan menyempatkan dirinya bertatap muka dengan masyarakat umum. Di samping itu, selama menjabat sebagai Wali Kota Solo, dia terkenal santun dan sering mengundang dan mengajak makan tokoh – tokoh masyarakat di gedung pemerintahan. Mengajak sharing bersama tentang permasalahan yang ada di Solo dan sekitarnya. Dari pengalaman ini dapat dilihat bahwa Presiden Jokowi adalah sosok yang merakyat dan memiliki hati yang mau melayani, mengenai dedikasi yang diberikan presiden Jokowi kepada bangsa Indonesia hingga saat ini diantaranya :

  1. Pembangunan yang dilakukan Joko Widodo dan Muhammad Jusuf Kalla sudah di berbagai sektor. Infrastruktur sudah digencarkan terus menerus dan ini tidak hanya fokus pada Jawa sentris saja, dari berbagai pulau di luar Jawa ini sudah merupakan salah satu prioritas dan sudah dikerjakan,
  2. Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan dana desa. Semua itu, kata Taufik, sedikit banyak sudah mulai dirasakan masyarakat.
  3. Terkait pembangunan ekonomi ini sedang berjalan menuju proses recovery kondisi ekonomi kita.[2]
  4. Terkait aspek penegakan dan kepastian hukum, DPR menyambut baik adanya operasi pemberantasan pungutan liar yang sifatnya efisiensi anggaran.

Salah satu proyek yang sedang dilakukan oleh Bapak Presiden Joko Widodo adalah pembuatan Tol BOCIMI yang mengantarkan antara daerah Bogor – Ciawi – Sukabumi, daerah yang rentan sekali dengan kemacetan karena tidak ada jalan yang dapat dilalui antar 3 daerah tersebut kecuali Jl. Mayjen HR Edi Sukma ini. Perlebaran dan peluasan untuk jalan tol BOCIMI ini sudah terlaksana, saya mengakui sendiri karena rumah saya berdomisili di wilayah Bogor. Panjang tol kurang lebih 54 KM[3] semoga dapat cepat terselesaikan sebelum masa periode jabatan habis pada tahun 2019 nanti.

Bapak Presiden Joko Widodo pun tak lupa dengan kreasi pelajar atau anak muda yang mengharumkan nama Indonesia dalam negeri ataupun luar negeri. Contoh seperti atlet Indonesia yang telah berjuang pada Olimpiade di Rio de JaneiroBrasil, dari tanggal 5 sampai 21 Agustus 2016. Bapak Joko Widodo memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada mereka yang mendapat juara atau pun yang tidak. Dengan sikap Bapak Presiden ini dapat diketahui  bahwasanya beliau sangat mengharapkan bahwa “Anak muda lebih dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia di Dunia Internasional”.

Mari sama – sama kita doakan kepada pemimpin bangsa serta orang – orang yang turut membantunya agar selalu diberikan kesehatan, panjang umur serta doa yang baik agar mereka yang sedang mengemban amanah ini dapat istiqomah. Semoga apa yang sudah mereka usahakan, dari dedikasi yang terlihat oleh kesat mata kita dapat dibalas kebaikan oleh yang maha kuasa.

#JokowiUntukIndonesia

 

[1] http://kbbi.web.id/dedikasi

[2] https://news.detik.com/berita/d-3325074/2-tahun-jokowi-pimpinan-dpr-taufik-kurniawan-puji-keberhasilan-tax-amnesty

[3] http://www.suara.com/bisnis/2017/06/21/142615/ini-alasan-jokowi-kebut-pembangunan-jalan-tol-bocimi

Kategori: Artikel

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

WhatsApp chat WhatsApp Me