4 Tipe Kepribadian Seseorang Dalam Mengatur Keuangan - Fakhroyy

Mereka yang tidak memiliki rencana keuangan yang matang biasanya tidak memiliki tujuan jangka panjang. Bagi mereka, hidup hanya untuk saat ini. Uang sering sekali keluar dengan mudah, khususnya bagi yang mereka yang belum memiliki tanggungan atau aset untuk menjamin kehidupan nyaman di hari tua.

Mengubah kebiasaan yang dilakukan sejak kecil memang tidak mudah. Tapi, setiap orang perlu melakukan perubahan jika ingin memperbaiki keadaan. Mari kita kenali diri sendiri dan berniat menjadi orang yang nyaman secara finansial. Saat mengetahui kepribadian dan posisi finansial saat ini, maka akan lebih mudah menentukan tujuan dan menentukan jalan mana yang harus di tempuh.

Berikut tipe-tipe seseorang dalam mengatur keuangan yang dikutip dari buku yang berjudul Your Money Your Attitude :

  • Spender
    Tipe ini kehabisan uang di awal bulan karena seringkali berbelanja sesuatu yang tidak terlalu diperlukan. Sangat boros dalam mengatur keuangan, sehinga ia memiliki prinsip hidup dengan singkatan YOLO “You Only Live Once”
  • Saver
    Tipe ini memiliki prinsip bahwa hidup bukan hanya untuk hari ini saja. Masih ada hari selanjutnya, bulan dan tahun berikutnya. Maka mereka rutin menabung untuk kebutuhan jangka panjang. Biasanya yang memiliki tipe ini didominasi otak kiri dan sering merasa khawatir yang berlebihan. Seorang saver sering disalah artikan sebagai orang yang kikir. Padahal, sebenarnya mereka adalah orang yang penuh perhitungan.
  • Avoider
    Tipe ini memiliki sifat tidak peduli terhadap keuangan. Bila avoider ini seorang istri, maka biasanya urusan keuangan diserahkan kepada suaminya. Hal tersebut karena dirinya tidak mau terlibat langsung dengan keuangan, meskipun ada yang terlibat tetapi tidak banyak dan membelikan suatu barang secukupkan dengan uang yang dimiliki.
  • Monk
    Tipe ini memiliki pandangan bahwa uang adalah sesuatu yang bersifat duniawi. Menurut mereka, uang itu adalah sumber kejahatan di muka bumi, mereka tidak mendewakan uang, dan hidup apa adanya. Bahkan mereka pun tidak bekerja, karena tidak butuh uang untuk kehidupannya.

Inilah 4 tipe kepribadian dalam mengatur keuangan, kamu termasuk yang mana?