Manusia adalah makhluk sosial yang tak bisa hidup sendiri. Teman hidup, sahabat, dan teman komunikasi sangatlah diperlukan dalam hidup manusia. Manusia tak bisa berbuat suatu apapun tanpa teman, termasuk melakukan hal kecil yang meskipun itu dikuasainya sendiri. Misalnya, seorang dokter dapat menyembuhkan dan mengobati orang yang sakit dengan mudah namun, ketika si dokter sakit pasti ia tak bisa mengobati dirinya sendiri dan akan mencari seorang dokter lagi yang dapat mengobatinya.

Sebagai manusia yang selalu diberikan nikmat dan berkah, sepatutnya kita bersyukur kepada Allah SWT. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menunjukan rasa syukur kita terhadap nikmat, rezeki, kesehatan dan apapun yang telah Allah SWT berikan. Salah satunya adalah “BERBAGI.”

Berbagi adalah hal yang dapat dilakukan untuk menunjukan rasa syukur kita terhadap apapun yang telah diberikan-Nya. Berbagi adalah memberikan sebagian yang kita miliki kepada orang lain. Berbagi bukan hanya berupa harta atau benda. Berbagi juga dapat dengan senyuman, kasih sayang dan jasa juga tenaga.

Dalam hidup manusia, berbagi adalah salah satu media untuk berinteraksi. Dan juga saling membangun rasa kasih sayang terhadap siapa pun. Hidup manusia tak akan pernah luput dari kata “BERBAGI” karena itulah yang menjadi salah satu kunci agar hidup menjadi bahagia. Dengan berbagi, hidup terasa lebih berarti. Apalah jadinya jika hidup ini hanya memikirkan tentang kebahagiaan diri sendiri tanpa membanginya dengan orang lain. Maka hiduplah dengan berbagi. Mendedikasikan atau menyerahkan diri kita hanya untuk berbagi tanpa meminta imbalan adalah hal yang Allah SWT cintai.

Jika melihat orang lain bahagia pun sudah bahagia, apakah perlu jika kita hanya mencari kebahagiaan untuk diri sendiri tanpa memikirkan orang lain. Tentu sebagai manusia, sulit untuk melakukan itu. Hubungan antara suami dan istri, anak dan orang tua, guru dan murid, juga sahabat memerlukan interaksi dan hubugan timbal balik agar mendapatkan respon berbagi dari mereka.

Berbagi ini penting untuk semua manusia agar rasa tolong menolong, dan kasih sayang timbul dengan sendirinya beriringan dengan cinta yang menjadi anugrah terbesar yang dimiliki manusia. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan perlindungan dan kebahagiaan bagi orang-orang yang telah membagi dan “BERBAGI” untuk orang lain.

Kategori: Artikel

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

WhatsApp WhatsApp Me