Di era digital saat ini benar-benar kita dimudahkan dengan teknologi yang semakin hari semakin canggih, terkadang ketika bepergian kita repot membawa dompet yang bisa jadi isi dompetnya cukup penuh sehingga saku atau tas yang kita bawa tidak membuat untuk menampung dompet tersebut. Tetapi semua itu sudah sedikit berkurang setelah perusahaan start-up membuat sebuah  sistem berbasis transaksi secara online.

Hasil sistem berbasis transaksi secara online tersebut dikenal dengan sebutan E-Wallet, apakah anda tau apa itu E-Wallet? Yuk, tuntaskan tulisan artikel ini agar anda paham mengenai E-Wallet ini!

E-wallet atau dompet elektronik merupakan sebuah aplikasi atau fitur yang dikembangkan untuk memudahkan pengguna dalam melakukan pembayaran hanya menggunakan handphone atau kartu.

Melalui definisi tersebut singkatnya bahwa uang yang kita miliki tersimpan di dompet yang tidak terlihat wujudnya, hanya terlihat nominalnya saja, yang dimana kita bisa melihatnya dari berbagai aplikasi penyedia E-Wallet ini. Banyak sekali kelebihan dan kekurangan pengguna E-Wallet ini.

Dompet eletronik pada umumnya terbagi menjadi 2, yaitu menggunakan chip based dan yang menggunakan server, berikut contoh dari keduanya

Contoh Dompet Eletronik berbasis chip based :

  1. Flazz BCA
  2. E-Money Mandiri
  3. Brizzi BRI
  4. Tap Cash BNI
  5. Blink BTN
  6. Mega Cash
  7. Nobu E-Money, dll.

Contoh Dompet Eletronik berbasis server :

  1. T-Cash Telkomsel
  2. Ovo
  3. Gopay
  4. I.saku
  5. Cinema 21, dll

Keuntungan E-Wallet

  1. Bisa melakukan transaksi dimana saja
  2. Tidak perlu repot membawa uang jika ingin berbelanja atau membayar tagihan
  3. Banyak promo dari penyedia E-Wallet
  4. Dapat digunakan untuk membayar transportasi seperti kereta, busway, atau membayar tol

Kekurangan E-Wallet

  1. Saldo dalam E-Wallet Anda hanya bisa digunakan untuk berbelanja atau membayar tagihan
  2. Hanya bisa digunakan untuk transaksi ke merchant tertentu
  3. Uang di E-Wallet tidak bisa dicairkan
  4. Harus siap siaga kuota dan memiliki jaringan internet yang baik untuk mengakses aplikasi penyedia E-Wallet

Nah sekarang saya mau tanya, anda sudah menggunakan E-Wallet? Jika sudah, layanan apa yang anda pakai? Saya sendiri sangat senang dengan kehadiran E-Wallet di era digital saat ini, karena memudahkan untuk transaksi pembelian barang atau membayar tagihan, berikut beberapa E-Wallet yang saya gunakan :

  1. Ovo
  2. Gopay
  3. Cinema 21
  4. I.Saku Indomart
  5. Flazz BCA

Tiga layanan E-Wallet ini yang sangat sering saya gunakan, apalagi dengan fitur yang sangat canggih sehingga memudahkan pengguna untuk memakai aplikasi tersebut.

E-Wallet – Ovo


E-Wallet – Gopay

E-Wallet – Flazz BCA

Harus diakui, E-Wallet memberi sejumlah kemudahan dan kenyamanan kepada pengguna pada zamannya. Pembayaran menjadi lebih efisien karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Kita tidak perlu repot-repot membawa uang dalam jumlah banyak. Semua transaksi menjadi simpel, gampang dan efisien.

Dengan pembayaran non tunai kita bebas dari kasus pengembalian uang dengan permen hingga bayar ini-itu dengan mudah bayar parkir, bayar tol, belanja online, bayar tagihan bulanan dan lain sebagainya.

Bagi anda yang belum menggunakan E-Wallet, apakah anda tertarik untuk menggunakannya? Jika iya, yuk segera gunakan dan bagi anda yang sudah menggunakan E-Wallet, kira-kira apa nih E-Wallet favorit kamu? jawab di kolom komentar ya!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WhatsApp Me