Apakah Kartu Prakerja Menjamin Hidup Sejahtera? - Fakhroyy

Masih ingat dengan janji Joko Widodo atau yang lebih akrab disapa Jokowi ketika kampanye calon presiden ingin meluncurkan 3 kartu sakti? Salah satunya adalah kartu prakerja, bagi yang belum tau apa itu kartu prakerja saya ingin mencoba mengulasnya.

Program Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja sasaran penerima yang berusia 18 tahun ke atas dan sedang tidak sekolah/kuliah. Bantuan ini hanya akan diberikan sekali seumur hidup untuk peserta.

Singkatnya, kartu prakerja ini merupakan bantuan biaya pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kerja dan meningkatkan produktivitas. Kartu ini selain dirancang untuk warga negara Indonesia yang berusia 18 tahun dan sedang tidak sekolah/kuliah, bisa juga untuk pekerja dan pelaku usaha mikro dan kecil karena terdampak pandemi covid-19.

Kartu prakerja ini berada di bawah naungan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia dan kebijakan kartu prakerja dirumuskan oleh,

  1. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian
  2. Wakil Ketua Kepala Staf Kepresidenan
  3. Menteri Keuangan
  4. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala BAPPENAS
  5. Menteri Ketenagakerjaan
  6. Menteri Perindustrian
  7. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
  8. Menteri Dalam Negeri
Cara Mendaftar Kartu Prakerja
  • Buka situs https://www.prakerja.go.id/
  • Buat akun menggunakan surel dan password yang terdiri dari huruf dan angka
  • Konfirmasi pesan yang masuk ke surel yang didaftarkan

Cukup dengan 3 langkah di atas kamu sudah bisa masuk ke tahap berikutnya, yaitu pengisian data dan harus login terlebih dahulu, berikut tahapannya :

  • Login menggunakan surel dan password
  • Verifikasi KTP dan tanggal lahir
  • Lengkapi data diri dan upload foto KTP beserta swafoto diri dengan KTP
  • Verifikasi nomor telepon
  • Mengisi pernyataan pendaftar

Setelah selesai, inilah waktu yang cukup serius. Karena anda akan menghadapi tes motivasi & kemampuan dasar yang sudah disiapkan. Isi sesuai kemampuan anda, jika sudah selesai maka pilih gelombang pendaftaran yang tersedia, selesai deh. Menunggu hasil pengumuman, anda bisa cek secara berkala di akun prakerja atau surel yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Insentif Kartu Prakerja
  • Insentif Pelatihan, yang besarannya untuk anggaran tahun 2020 adalah Rp. 600.000,- / bulan (selama 4 bulan)
  • Insentif Survei Keberkerjaan, yang besarannya untuk anggaran tahun 2020 adalah Rp. 50.000/survei (akan ada 3 survei)

Insentif kartu prakerja ini bisa anda dapatkan, jika sudah memenuhi syaratnya. Pertama, telah menyelesaikan pelatihan. Kedua, dalam hal penerima Kartu Prakerja mengikuti lebih dari satu pelatihan, Insentif Pelatihan hanya diberikan pada saat penyelesaian pelatihan yang pertama. Tidak ada insentif untuk pelatihan kedua dst. Ketiga, telah memberikan ulasan terhadap Lembaga Pelatihan. Keempat, telah memberikan penilaian Lembaga Pelatihan

    Saya berpikir, apakah jika lulus menjamin hidup menjadi sejahtera?

    Saya rasa tidak, kartu prakerja tidak menjamin hidup anda menjadi sejahtera, tapi kartu prakerja bisa membantu anda untuk hidup lebih baik dari sebelumnya, atau mengarah kepada sejahtera itu pun tergantung kepada pemanfaatan kartu prakerja. Mengapa demikian? Karena program prakerja sudah bekerjasama dengan sektor swasta yang mendukung kegiatan ini, salah satunya adalah Skill Academy. Saya sudah membahas Skill Academy sebelumnya, bagi yang belum baca bisa klik di sini.

    Skill Academy merupakan inovasi terbaru dari Ruangguru, sebuah perusahaan teknologi terbesar dan terlengkap di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan dan telah memiliki lebih dari 15 juta pengguna dari 100 bidang pelajaran.

    Keduanya saling bekerja sama demi mencerdaskan dan memberi kemudahan akses kepada masyarakat Indonesia melalui kartu prakerja yang sudah terverifikasi. Keuntungannya pun lebih banyak, diantaranya :

    1. Insentif sebesar Rp. 2.550.000
    2. Pelatihan gratis menggunakan akses kartu prakerja
    3. Gratis langganan Ruang Guru selama 3 bulan untuk anak
    4. Tambahan Rp. 100.000 untuk pembelian pelatihan paket combo

    Kesejahteraan hidup kita ada ditangan kita sendiri, kita yang menentukan akan hidup sejahtera atau tidak. Teringat dengan ucapan Bill Gates, “Jika Anda lahir miskin, itu bukan kesalahan anda, tetapi jika anda meninggal miskin, itu kesalahan Anda”.

    Semoga dengan program kartu prakerja ini, dapat menjadi perantara hidup banyak orang menjadi lebih sejahtera dari sebelumnya. Semangat terus untuk berusaha, semangat terus untuk menjadi yang lebih baik.

     


    0 Komentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *