Memang tidak akan habisnya jika kita membahas mengenai teknologi yang hari demi hari semakin canggih saja, era digitan yang semakin pesat ini membuat kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Tentu ini adalah sebuah keuntungan jika kita mengetahui dan memakainya dengan baik. Melalui artikel ini saya ingin menginformasikan kepada anda mengenai aplikasi yang diluncurkan oleh Bank Tabungan Pensiunan Nasional.

Nama aplikasi tersebut adalah Jenius, ketika mendengar nama Jenius mungkin yang ada dipikiran kita adalah aplikasi tentang pendidikan atau penyedia e-book untuk menjeniuskan pikiran manusia, eh ternyata untuk hal ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan hal tersebut. Aplikasi Jenius ini adalah aplikasi perbankan digital yang memungkian nasabah untuk memiliki rekening bank dan mengelolanya keuangan dari ponsel.

Aplikasi ini diluncurkan oleh Bank Tabungan Pensiunan Nasional pada 11 Agustus 2016, kelebihan yang sangat diunggulkan dari aplikasi jenius ini bahwa Jenius terkoneksi dengan ekosistem perbankan nasional dan sistem pembayaran internasional melalui kartu debit Visa. Sehingga kartu yang dimiliki oleh nasabah tercantum logo visa yang bisa dilakukan pengambilan uang di mesin ATM di seluruh dunia.

Jenius adalah aplikasi perbankan revolusioner yang dilengkapi dengan kartu debit VISA untuk membantu kamu melakukan aktivitas finansial seperti menabung, bertransaksi, atau mengatur keuangan dengan lebih aman, cerdas, dan simpel. Semua dilakukan dari satu tempat, semua dari smartphone.

Pada tanggal 13 Januari 2019 saya mendaftar untuk menjadi nasabah melalui aplikasi Jenius, anda dapat menginstall aplikasi tersebut di Google Play Store bagi pengguna android atau di App Store bagi pengguna iOS.

Cara Mendaftar di Aplikasi Jenius

  1. Download aplikasi Jenius pada App Store/Google Play Store;
  2. Siapkan KTP untuk melakukan registrasi;
  3. Untuk kamu yang berlokasi di Jabodetabek, lanjutkan proses registrasi selanjutnya dengan menekan tombol Aktifkan atau Bertemu Jenius Crew-mu sekarang pada aplikasi Jenius untuk memanggil Jenius Crew datang ke tempatmu dan melakukan aktivasi rekening;
  4. Untuk kamu yang berlokasi di luar Jabodetabek atau Bandung dan Malang kunjungi kantor cabang BTPN Sinaya dan lakukan aktivasi rekening Jenius. Lokasi cabang BTPN Sinaya dapat dilihat di sini;
  5. Setelah rekening Jenius sudah aktif, kamu dapat mengaktifkan kartu debit m-Card atau memesan pembuatan kartu debit x-Card dari dalam aplikasi Jenius.

Ketika masa pendaftaran sudah selesai maka tunggulah proses verifikasi yang nanti ada pesan masuk ke email anda dan menyatakan bahwa “Selamat! Kamu telah berhasil membuat akun di Jenius.” Ketika sudah menerima email yang perlu anda perhatikan bahwa akun belum bisa dipakai sampai kamu mengaktifkannya, ada 2 cara untuk mengaktifkan akun :

  1. Mengunjungi ke Jenius Location, selengkapnya klik disini.
  2. Panggil crew Jenius datang ke tempat tinggalmu.

Dua cara ini khusus untuk nasabah yang bertempat tinggal di Jabodetabek, Bandung dan Malang. Jika anda bertempat tinggal di luar wilayah ini, maka metode yang anda lakukan adalah mengunjungi BTPN Sinaya, selengkapnya klik disini.

Metode yang saya lakukan untuk mengaktifkan akun adalah dengan memanggil crew Jenius datang ke tempat tinggal, klik disini untuk melihat tempat tinggal saya melalui Google Maps. Menunggu kurang lebih 20 menit crew Jenius pun sudah tiba di depan rumah, lalu saya mengajak crew Jenius masuk ke ruang tamu dan melakukan aktifasi.

Profil crew Jenius


Chat dengan crew Jenius

Setelah melakukan obrolan lebih dalam mengenai Jenius, crew Jenius pun izin pamit dan mengabarkan ke saya bahwa paling lama 1 x 24 jam akun sudah aktif. Tetapi tidak lama dari crew pergi, saya menerima email yang menyatakan bahwa akun saya sudah aktif dan kartu Jenius akan segera dikirim paling lamba 7 hari.

Setelah akun sudah diaktifkan maka yang terakhir adalah menunggu kartu debit visa Jenius datang ke alamat yang sudah didaftarkan di registrasi awal, jika selama 7 hari tidak menerima kartu maka bisa menghubungi pihak Jenius.

Keunggulan Menabung di Jenius BTPN

  1. Bisa punya 5 kartu debit Jenius Visa. lalu kita bisa mengontrol setiap saldo dan transaksi yang dilakukan di setiap kartu debit tersebut.
  2. Cek daftar transaksi, transfer, dll semua dapat dilakukan dalam genggaman tanpa perlu PC atau pun langsung ke teller.
  3. Dapat e-card yang dapat digunakan untuk berbagai transksi online dengan dana yang dapat kita atur sesuka hati tanpa terhubung ke tabungan utama. 
  4. Pembuatan rekening yang mudah tanpa perlu sibuk ke kantor. 
  5. $Cashtag, nama rekening sebagai pengganti nomor rekening, jadi kamu tidak perlu lagi menghafal nomor rekening yang panjang.
  6. Split Bill, untuk membagi tagihan kamu dengan teman atau keluarga secara adil.
  7. Card Center, pengaturan semua kartu debit di satu tempat termasuk limit transaksi dan tarikan tunai harian atau blokir sementara dan buka blokir kartu serta blokir permanen kartu
  8. Keamanan aplikasi dengan 2 otentikasi tingkat dan sidik jari.
  9. Jenius bebas biaya tarik tunai serta transfer antar bank masing-masing hingga 25 kali per bulan, bebas biaya administrasi, biaya pembukaan dan penutupan rekening, saldo awal, saldo minimum, biaya transfer, dan biaya pembuatan kartu. 

Kekurangan Menabung di Jenius BTPN

  1. Tidak bisa setor tunai melalui teller bank, kecuali harus ditransfer dari bank lainnya, baik sesama jenius btpn atau pun rekening non jenius btpn. Jadi alur memasukkan uangnya hanya melalui trasnfer.
  2. Belum atau tidak berbasis syariah, bagi saya sangat penting untuk pengelolaan uang dengan berbasis syariah agar apa yang kita lakukan dan terima semua dalam keadaan halal.
  3. Terikat dengan handphone, jadi harus selalu punya kuota atau terakses jaringan.

Tabungan Jenius ini sangat cocok bagi siapapun asal sudah memiliki KTP, bahkan cocok bagi mahasiswa seperti saya. Dengan memanfaatkan keunggulannya saya merasa terbantu untuk bertransaksi dengan apapun dan siapapun. Yuk, bagi anda yang belum memiliki rekening ataupun yang sudah dan ingin memanfaatkan keunggulan Jenius BTPN segera download aplikasinya dan lakukan registrasi dan aktivasi ya!

 


Download aplikasi Jenius bagi pengguna android


Download aplikasi Jenius bagi pengguna iOS

 

Sumber : https://www.jenius.com/


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

WhatsApp chat WhatsApp Me