Semua orang pasti mempunyai harapan, impian dan cita-cita. Mustahil sepertinya jika seseorang  hidup di dunia ini, tanpa memiliki keinginan yang ingin diraih. Namun, yang membedakan diantara mereka semua adalah keinginan dan keberanian seseorang dalam mewujudkan impiannya. Ada orang yang bisa bermimpi, namun tak kunjung untuk mewujudkan impiannya. Kita pasti gak mau jika impian yang selama ini kita impikan hanya menjadi mimpi yang tak pernah terealisasikan. Maka, mulailah untuk mewujudkan semua yang kita impikan, jangan takut kedepannya akan seperti apa. Yang penting kita berani untuk mulai melangkah, memperjuangkan impian yang harus kita wujudkan.

Kira-kira apa sih yang membuat seseorang itu berhasil dalam menggapai impiannya? Sehingga namanya di kenal oleh dunia. Seperti Muhammad Al-Fatih yang berhasil menaklukkan kota Konstantinopel, Thomas Alva Edision yang berhasil menemukan lampu pijar setelah gagal ribuan kali, Jack Ma yang berhasil dalam usahanya, Mark Zuckerberg  sang penemu Facebook. Ya, mereka  semua punya semangat yang tinggi, tekad yang kuat dan tak mudah menyerah. Walaupun berbagai rintangan menghalau, tidak akan membuat mereka kalah. Karena mereka tahu, itulah jalan yang harus mereka tempuh sebelum berada di puncak keberhasilan. Lalu bagaimana dengan kita? Apakah kita tidak ingin berhasil seperti orang-orang hebat di atas? Yang namanya di kenang sepanjang sejarah. Yang bukan saja hidup bagi dirinya sendiri, tapi hidup untuk memberi kebermanfaatan bagi sesama.

Life Is Choice

Hidup adalah pilihan. Selama ini, pasti sudah banyak pilihan-pilihan hidup yang kita pilih. Ada orang yang menyesal akan pilihan hidup yang ia pilih di masa lalu, namun, ada juga orang yang bahagia akan pilihan hidup yang ia pilih di masa lalu. Kalau kata Ustad Felix Siauw tuh, “kita sekarang adalah hasil dari pilihan-pilihan kita di masa lalu, dan kita di masa depan adalah hasil dari pilihan-pilihan kita di masa sekarang”. Yang sekarang hidupnya sukses, pasti sebelumnya ia memilih untuk menjadi orang yang sukses. Contohnya untuk seorang pengusaha, kemungkinan besar sebelumnya ia memilih untuk menjadi entrepreneur. Lalu untuk seorang dokter, mungkin saja sebelumnya ia memilih untuk bisa mendedikasikan dirinya bagi sesama, dengan cara menolong orang yang sakit, dan masih banyak contoh lainnya lagi yang tidak mungkin saya sebutkan satu per satu. Sekarang kita tinggal memilih, kira-kira mau jadi seperti apa kita kedepan?

Karena hidup adalah pilihan, maka seharusnya kita memilih untuk tidak menjadi manusia yang biasa-biasa saja. Impian apapun yang mau kita pilih, itu adalah hak kita untuk memilih. Tapi jangan sampai kita memilih untuk tidak mempunyai impian, itu yang salah. Apapun impiannya, selagi itu di jalan yang benar dan mendatangkan keridhaan Allah. Kita harus terus berjuang untuk menggapainya, jangan terkalahkan oleh rintangan yang ada, pantang menyerah sebelum berhasil!

Satu pilihan yang kita pilih sekarang, betapa akan mempengaruhi kehidupan kita di masa mendatang. Jika kita masih bisa memilih pilihan-pilihan hidup yang hebat. Kenapa harus memilih pilihan hidup yang biasa. Maka mulai dari sekarang, yuk kita perbaiki setiap dari pilihan hidup yang kita pilih.

Nothing Is Impossible

“Jangan tengok masa lalumu, lantas engkau meratapinya. Jangan risau oleh masa depan, lantas engkau menghawatirkannya. Lakukanlah yang terbaik mulai saat ini. Yang akan membawa perubahan dalam hidupmu”

Percayalah, dirimu pasti bisa! Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Meskipun terlihat sangat mustahi dalam benak kita. Tapi ingatlah bahwa kuasa Allah itu jauh lebih besar dari apa yang kita bayangkan. Jika menurut pandangan kita sebagai manusia, rasanya hal yang tidak mungkin melihat seorang anak kecil, tidak bisa melihat tapi MasyaAllah ia bisa hapal Al-Qur’an sampai 30 juz. Selintas itu seperti hal yang mustahil, tapi bagi Allah nothing is impossible. Ketika Allah menghendaki jadi maka jadilah.

Sesungguhnya urusan-Nya apabila ia menghendaki sesuatu, Dia hanya berkata kepadanya, “jadilah!” Maka jadilah sesuatu itu. (QS. Yasin: 82)

Teruslah berjuang untuk meraih apa yang kita impikan, biarkan Allah yang akan menentukan hasil dari apa yang kita usahakan. Tidak ada yang tidak mungkin, jangan pernah berhenti untuk bermimpi, teruslah bermimpi dan buktikan mimpi itu pada dunia. Siapapun kita hari ini, apapun latar belakangnya, pendidikannya, keluarganya, lingkungannya, jangan puas dengan memiliki satu impian saja. Karena jikalau kita sudah berpuas diri, maka kesempatan kita untuk bisa berkembang itu akan sulit. Yang mana rasa puas itu tidak akan menjadikan diri kita menjadi lebih baik.

Jangan mau jadi manusia kerdil, yang mimpinya kecil. Bermimpilah, setinggi, dan sebesar mungkin. Jangan takut orang bilang bahwa itu hal yang mustahil untuk diraih, yakinlah ada Allah yang Maha berkehendak. Walau seluruh dunia berkata tidak mungkin, tapi jika Allah menghendaki itu mungkin. Tidak ada yang bisa menghalangi kehendak-Nya. Masak iya kita mau ikut meragukan kehebatan dan kuasa Allah dalam mewujudkan impian-impian kita, dengan mengatakan ‘itu semua tidak mungkin’.

Selagi kita masih diberikan kemampuan untuk mengikhtiarkannya, maka jangan sekali-kali kita memutuskan untuk menyerah. Keajaiban dari Allah itu akan selalu ada bagi orang-orang yang senantiasa meminta kemudahan dari-Nya, dan selalu mau untuk berusaha. Asalkan kita punya niat dan tekad yang kuat, insya Allah semuanya akan dimudahkan oleh Allah.

Man Jadda Wajada

Man jadda wajada. Barang siapa yang Bersungguh-sungguh maka ia akan berhasil. Ya, begitulah pepatah bahasa arab mengatakan. Mengisyaratkan pada kita bahwa tidak ada kesuksesan yang bisa diraih tanpa kerja keras. Tidak ada yang serba instan. Semuanya butuh perjuangan. Kita tidak bisa hanya mengandai-andai  sesuatu tanpa ada usaha sedikit pun. Ketika kita memperjuangkan sesuatu dengan serius, tak mengenal lelah. Walaupun kegagalan menghampiri, tidak memudarkan niat dan tekad yang telah dipegang. Kita pun pasti akan memperoleh hasil yang maksimal, sesuai apa yang kita usahakan.

Kita tidak boleh menjadi pribadi yang pesimis. Yang belum juga berjuang, sudah menyerah duluan. Bisa jadi Allah ingin melihat keseriusan kita dalam berusaha. Maka kita wajib menjadi pribadi yang optimis. Yang tak mudah menyerah dengan keadaan. Yang selalu bersemangat dalam setiap keadaan. Jangan biarkan keinginan kita menjadi sebuah angan belaka. Yang tak pernah kita perjuangkan.

Pasti kita pernah melihat mereka yang bersungguh-sungguh dalam memperjuangkan impiannya. Kerja kerasnya, semangatnya tak mengenal waktu. Dan pada akhirnya, mereka pun mendapatkan apa yang selama ini mereka inginkan. Ini adalah salah satu bukti bahwa usaha yang kita lakukan gak boleh biasa-biasa. Bukankah hasil itu tak pernah mengkhianati usaha?

Allah itu tidak pernah menyia-nyiakan usaha hamba-Nya. Pasti selalu ada jalan dari-Nya untuk selalu memudahkan segala ikhtiar kita. Semangat! Man jadda wajada!

Karya Indah Siti Saidah