Di tahun 2015 lalu saya membuka rekening Bank Rakyat Indonesia Syariah (BRIS) untuk menyimpan uang sekaligus menabung, sedikit demi sedikit saya bisa mengatur keuangan di rekening daripada uangnya di simpan di dompet yang pastinya karena merasa punya uang akhirnya habis begitu saja. Setelah masuk masa pengabdian di Pesantren Modern Daarul ‘Uluum Lido Bogor, saat itu banyak sekali wali santri yang menitipkan uang SPP dan uang jajan untuk anaknya, oleh karenanya saya merasa khawatir uang tabungan tercampur dengan uang tersebut maka saya membuka rekening baru di Bank Negara Indonesia Syariah (BNIS).

Hingga saat ini dua rekening inilah yang menjadi wadah tabungan saya, walaupun saya tetap memiliki E-Wallet seperti :

  1. Ovo
  2. Gopay
  3. M-Tix, dll

Beranjak dari sistem menabung ada hal yang lebih menarik yaitu investasi, apakah anda tau perbedaan dari menabung dan investasi? Jika belum, yuk lanjut bacanya!

TabunganMerupakan porsi dari penghasilan satu kali yang akan diawetkan untuk kebutuhan masa depan dan tidak digunakan sama sekali, umumnya disimpan dalam bentuk aset atau akun yang sangat aman untuk mengantisipasi keadaan darurat.

Investasi Aset moneter yang dibeli dengan ide bahwa nilainya akan meningkat, dengan ekspektasi bahwa aset tersebut akan menghasilkan pemasukan di masa depan dan meningkatkan kekayaan.

Salah satu investasi yang terbaik adalah menginvestasikan emas. Tentu saja di era digital saat ini sangat mudah untuk berinvestasi emas, salah satu platform digital yang saya gunakan adalah Tamasia.

PT Tamasia Global Sharia adalah perusahaan teknologi dengan platform digital yang menyediakan jasa transaksi jual-beli emas pertama di Indonesia secara syariah. Tamasia didirikan pada tanggal 19 Mei 2017 dengan mengedepankan asas profesionalisme, transparansi, dan kepercayaan.


Launching Pertama Tamasia

Pada launching pertama CEO dan Co-Founder dari Tamasia, Muhammad Assad mengatakan bahwa Tamasia memiliki beragam fitur yang memudahkan penggunanya. Seperti fitur jual beli emas, menitip emas tanpa biaya tambahan, menawarkan sistem reseller dan berbasis pada prinsip profit sharing,yaitu pembagian 50:50 di antara seluruh pihak yang terkait dengan rantai jual beli emas di Tamasia.

PT Tamasia Global Sharia beralamat di Jl. Darmawangsa-X No.45 A, RT.9/RW.4, Cipete Utara, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12150, klik disini untuk meihatnya melalui Google Maps.

Bulan Desember 2018 saya registrasi akun di Tamasia dan alhamdulillah diverifikasi, mulai saat itulah saya mencoba berinvestasi emas menggunakan layanan Tamasia, karena kemananan yang tidak perlu diragukan lagi dan memiliki sistem syariah di dalamnya yaitu untuk #BeliBerkala tidak ada DP, denda/penalti, dan jika gagal bayar uang dapat kembali setelah dikurangi biaya admin & margin. Tidak hanya itu, tamasia berpedoman dengan Fatwa DSN MUI No. 77/DSN-MUI/V/2010 bahwa pembelian emas dengan tidak tunai diperbolehkan.


Akun Tamasia

Cara Registrasi atau Membuat Akun Baru di Tamasia :

  1. Download aplikasi Tamasia di Google Play Store atau Appstore iOS
  2. Melengkapi data akun (Nomor handphone, email, dan KTP)
  3. Melengkapi data profil (Data diri, alamat tinggal dan rekening bank)
  4. Menunggu verifikasi akun selama 2x 24 jam di hari kerja

Cara Membeli Emas di Tamasia :

  1. Pilih menu “Beli Emas”.
  2. Pilih nominal pembelian emas yang tersedia atau pilih “lainnya” jika ingin input nominal selain yang tersedia. Nominal minimum adalah Rp 10.000. Berat gram emas akan muncul di aplikasi sesuai besaran nominal pembelian.
  3. Pilih bank sebagai tujuan tranfer pembelian emas & lakukan konfirmasi pembelian.
  4. Selesaikan pembayaran dengan melakukan tranfer ke nomor virtual account yang tertera. Batas tranfer 2 jam sejak pengguna lakukan pembelian.
  5. Setelah tranfer, cek emas pengguna di aplikasi. Emas akan otomatis diperbaharui sesuai pembelian yang sebelumnya telah selesai (telah di tranfer).

Cara Jual Emas di Tamasia :

  1. Pastikan sebelum jual emas, pengguna telah verifikasi akun dan melengkapi data profil.
  2. Pastikan pula emas pengguna sudah mencapai minimal2 gramagar dapat melakukan penjualan emas untuk pertama kali.
  3. Pilih menu “Jual Emas”.
  4. Input nominal gram yang ingin dijual, dengan minimum berat 0,02 gram.
  5. Kemudian selesaikan proses penjualan.
  6. Tamasia akan melakukan proses kirim dana ke rekening pengguna dengan estimasi 1-2 hari kerja.
  7. Pilih menu “Transaksi” untuk memantau proses penjualan emas pengguna.
  8. Maksimal melakukan jual emas adalah senilai Rp 15.000.000 dalam 1 hari.

Cara Cetak Emas di Tamasia :

  1. Pastikan sebelum cetak emas, pengguna telah verifikasi akun dan melengkapi data profil.
  2. Pastikan pula emas pengguna sudah mencapai minimal 1 gram atau satuan berat gram lain yang tersedia agar dapat melakukan cetak emas.
  3. Pilih menu “cetak Emas”.
  4. Pilih satuan gram dan jumlah keping yang diinginkan. Jika ingin cetak lebih dari 1 satuan emas (misal ada 2 satuan cetak yang ingin di cetak yakni 1 & 5 gram), maka klik “+” lalu pilih satuan gram yang berbeda dan jumlah kepingnya. Pastikan total emas yang dicetak sesuai dengan total emas milik pelanggan.
  5. Pilih cara mendapatkan emas, kemudian selesaikan pembayaran untuk biaya cetak & biaya kirim (jika pilih opsi kirim).
  6. Tamasia akan memproses cetak emas pengguna.
  7. Jika pengguna memilih opsi kirim, maka Tamasia akan mengirim dengan menggunakan mitra jasa ekspedisi yang bekerja sama dengan Tamasia.

Cara Transfer Emas di Tamasia :

  1. Pilih menu “Transfer Emas”.
  2. Input nomor handphone penerima emas yang akan dikirim.
  3. Pastikan penerima emas adalah pengguna aplikasi Tamasia #BeliSukaSuka & telah terverifikasi akunnya.
  4. Pastikan Input nomor handphone dengan awalan ” 08 ” lalu dilanjutkan dengan digit nomor handphonenya.
  5. Kik selanjutnya, lalu input nominal satuan gram yang ingin dikirim.
  6. Konfirmasi tranfer emas lalu verifikasi dengan masukkan PIN.
  7. Transfer emas berhasil.


Daftar akun Tamasia

 

View this post on Instagram

Bagaimana sih cara mengetahui emas itu asli atau palsu? . Sahabat Tama pasti penasaran kan? Melalui vlog kolaborasi antara Tamasia dan d’Gold Father Indonesia @herruwijayadie_dgoldfather ini, Tamasia berkesempatan untuk membahas lebih jauh mengenai emas asli atau palsu. . . Penasaran dengan video lengkapnya? Yuk langsung saja klik https://youtu.be/CfrpZFUmjq8 atau swipe-up IG Story terbaru kami. Ingat, setelah nonton jangan lupa like, subcribe dan share ya.🤗😊🙏 . . #tamasiaindonesia #tamasia #caracerdasbeliemas #emasmurah #logammulia #jualemas #gold #emas #emasmurni #bisnissyariah #emasonline #beliemas #hargaemas #beliemasonline #hargaemastamasia #emasfisik #emasfisikantam #antam #lmantam

A post shared by Tamasia Official (@tamasia_id) on

 


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

WhatsApp WhatsApp Me