Universitas Tanjungpura atau disingkat UNTAN merupakan Universitas Negeri di kota Pontianak, lokasi yang strategis dengan adanya Tugu Digulis merupakan simbol wajah kampus Universitas Tanjung Pura, klik disini untuk melihat melalui Google Maps.

Universitas Tanjungpura telah mengalami proses pergantian nama disebabkan beberapa faktor, mulai dari nama Universitas Daya Nasional, Universitas Dwikora, dan pada akhirnya pada tahun 1967 berubah nama menjadi Universitas Tanjungpura melalui surat Keputusan Presiden RI Nomor 278 Tahun 1965 tanggal 14 September 1965.

Perubahan nama tentu merubah sistem yang ada di dalamnya, guna memperbaiki masalah internal dan eksternal agar Universitas Tanjungpura dapat diterima di masyarakat Pontianak khususnya dan umumnya di Nusantara Indonesia.

Universitas Tanjungpura memiliki tujuan yaitu pada tahun 2015-2019 seluruh kegiatan Universitas Tanjungpura ditujukan untuk membangun Universitas Tanjungpura sebagai perguruan tinggi yang mampu menjadi Pembelajaran Unggul Menuju Peningkatan Daya Saing Untan dalam rangka merealisasikan Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH/BLU). Tenttu dalam mewujudkan tujuan atau harapan yang dimiliki oleh Universitas ini harus didasari oleh Visi dan Misi, berikut Visi dan Misi Universitas Tanjungpura :

Visi Universitas Tanjungpura

Pada tahun 2020 Universitas Tanjungpura menjadi institusi preservasi dan pusat informasi ilmiah Kalimantan Barat serta menghasilkan luaran yang bermoral Pancasila dan mampu berkompetisi baik di tingkat daerah, nasional, regional, maupun internasional.

Misi Universitas Tanjungpura

Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat secara bermutu sehingga dapat menghasilkan luaran yang mampu mengikuti, mengembangkan dan memajukan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta mampu memberikan arah bagi pengembangan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing.

Universitas Tanjungpura mengadakan Seleksi Calon Mahasiswa Baru dengan berbagai metode jalur pendaftaran, untuk info lebih lanjut mengenai SCMB Universitas Tanjungpura 2018 klik disini. Civitas Akademika Universitas Tanjungpura mengajak kepada masyarakat Pontianakan khususnya dan umumnya masyarakat Indonesia untuk bersama-sama membangun negeri tercinta yaitu Indonesia.

Universitas Tanjungpura menjadi media wadah dan sarana bagi mahasiswa/i dari berbagai fakultas dan jurusan yang ada di Universitas Tanjungpura, melaksanakan kegiatan kemahasiswaan dengan sungguh-sungguh serta berpedoman kepada Agama dan Sunahnya. Salah satu makna lambang Universitas Tanjungpura yaitu sayap mempunyai arti penuh makna, yaitu :

Sayap berwarna kuning bermakna Untan berkewajiban mengantarkan rakyat menuju kejayaan sebagai bagian bangsa yang terdidik, maju dan modern berlandaskan pada pandangan hidup Pancasila, yang tergambar pada setiap sayap yang memiliki lima helai bulu. Sayap yang berbulu lima itu menggambarkan semangat dan dinamika Untan yang memanivestasikan sepak terjang, sikap dan cara berfikir yang dijiwai oleh nilai-nilai luhur pancasila.

Sayap sebagai media yang membawa mahasiswa/i Universitas Tanjungpura agar menjadi manusia yang terdidik dan dapat meraih kejayaan bangsa Indonesia. Dalam hal membangun integritas negeri Indonesia harus memiliki potensi dan kemampuan yang mendasar kepada tujuan bersama, menghilangkan sifat ego dengan bersua bersama dalam kumpulan lingkaran menjadi kekuatan civitas akademika Universitas Tanjungpura menyongsong cita-cita.

Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno pernah berkata,

Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia

Kualitas masyarakat Indonesia khususnya mahasiswa/i Universitas Tanjungpura menjadi sasaran terpenting, bukan hanya memikirkan kuantitas yang berjumlah banyak tetapi dengan memiliki kemampuan maka kualitas bangsa pun menjadi lebih baik. Ingin mewujudkan negeri Indonesia lebih baik? Yuk bergabung bersama Universitas Tanjungpura!

Mengguncangkan dunia dengan 10 pemuda terdengar terasa mustahil, karena 10 pemuda pun pasti memiliki kekurangan. Tetapi Ir. Soekarno bukan memikirkan guncangan dunianya tetapi keinginan masyarakat Indonesia yang ingin membangun negeri Indonesia tercinta ini agar dapat menjadi tauladan di dunia.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 249,

قَالَ الَّذِينَ يَظُنُّونَ أَنَّهُمْ مُلَاقُو اللَّهِ كَمْ مِنْ فِئَةٍ قَلِيلَةٍ غَلَبَتْ فِئَةً كَثِيرَةً بِإِذْنِ اللَّهِ ۗ وَاللَّهُ مَعَ الصَّابِرِينَ …

… Orang-orang yang meyakini bahwa mereka akan menemui Allah, berkata: “Berapa banyak terjadi golongan yang sedikit dapat mengalahkan golongan yang banyak dengan izin Allah. Dan Allah beserta orang-orang yang sabar”.

Berdoa kepada Allah semoga saya dan para pembaca tulisan ini menjadi manusia yang berkualitas dengan kemampuan yang kita miliki bersama, aamiin.

Kalau bukan kita, siapa lagi ?

Kalau bukan sekarang, kapan lagi ?

Kalau bukan di Universitas Tanjungpura, dimana lagi ?

Kalau bukan Bersama UNTAN Membangun Negeri, apa lagi ?

Yuk Membangun Negeri Bersama UNTAN – Profile of Tanjungpura University

Follow Akun Instagram Universitas Tanjungpura

Sumber : http://www.untan.ac.id/


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WhatsApp Me