Inspirasi dalam Kamus Besar Berbahasa Indonesia memiliki arti ilham. Berarti terdapat ilham yang datang pada pikiran manusia dan akhirnya melekat pada jiwa atau hati manusia, akan tetapi inspirasi biasanya justru datang ketika ada rangsangan dari luar diri manusia. Inspirasi tidak mengenal batas waktu dan usia, siapapun boleh memberikan inspirasi atau mendapatkan inspirasi. Sebab manusia memang sangat membutuhkan inspirasi agar hidup yang dijalani semakin terarah kepada kebaikan.

Menciptakan ide atau gagasan pada sesuatu memang tidak mudah, membutuhkan intelektual tinggi yang dapat membantu mencairkan ide atau gagasan yang akan dituangkannya. Semboyan pendidikan Indonesia yang berbunyi,

Ing ngarsa sung tulada,ing madya mangun karsa,tut wuri handayani.

Semboyan yang diutarakan oleh Ki Hajar Dewanatara ini mengandung arti yang sangat menginspirasi, bukan hanya golongan bawah tetapi golongan atas pun selayaknya menjalani semboyan yang anggun ini.

Ing ngarsa sung tulada artinya ketika berada di depan seorang guru harus bisa memberi teladan dan contoh tindakan yang baik.
Ing madya mangun karsa artinya ketika berada di tengah murid-muridnya seorang guru harus dapat menciptakan ide dan membangun semangat.
Tut wuri handayani artinya, ketika berada di belakang seorang guru harus bisa memberikan dorongan dan arahan.

Dari sini saya menyimpukan bahwa memberikan inspirasi harus tertanam dalam jiwa dan hati sejak kecil, agar dapat terealisasikan hingga dewasa, Memberikan kebaikan kepada sesama makhluk hidup terkhusus bangsa Indonesia. Indonesia merupakan negara berkembang yang terus melaju ke arah yang signifikan, terkhusus dalam perekonomian Indonesia yang masih terombang-ambing dalam ketidakstabilan mata uang rupiah.

Persaingan kurs mata uang Indonesia dengan mata uang negara lain tiap waktunya mengalami naik turun, misal dengan mata uang Dolar Amerika Serikat. Sumber dari https://kursdollar.net/ Dolar berbanding dengan 14.505 per 20 Agustus 2018 Kurs ini akan terus berubah. Oleh karenanya perubahan menjadi harapan bangsa Indonesia yaitu turunnya kurs dollar pada mata uang rupiah, menjadikan perubahan ke arah yang lebih baik lagi semata-mata untuk kemajuan bangsa dengan pemikiran masyarakat yang unggul.

Banyak cara dan upaya yang bisa dilakukan agar menstabilkan perekonomian di Indonesia, salah satunya adalah memanfaatkan teknologi media online sebagai wajah perekonomian modern. Membantu para UKM dan UMKM dalam menyukseskan bisnis jual beli maka lahirlah online marketplace terkemuka di Indonesia yang bernama BUKALAPAK. Online marketplace bukalapak ini sebagai wadah para pembisnis yang mengalami kekurangan pembeli atau tidak adanya barang jual sehingga bisa menjadi dropship dan reseller.

Achmad Zaky – Chief Executive Office (CEO) Bukalapak

Bukalapak didirikan oleh Achmad Zaky pada awal tahun 2010, seiring berjalannya waktu Bukalapak terus mengalami perubahan ke arah yang lebih baik karena Bukalapak memiliki Visi dan Misi yang dapat membantu perekonomian di Indonesia.

Visi Bukalapak

Menjadi online marketplace nomor 1 di Indonesia.

Misi Bukalapak

Memberdayakan UKM yang ada di seluruh penjuru Indonesia.

Bukalapak menjadi pihak ketiga yang membantu para penjual menemukan pembelinya atau membantu pembeli dalam menemukan barang yang dibutuhkan melalui penjual yang menyediakan barang tersebut, sehingga Bukalapak menjadi online marketplace terpecaya di Indonesia karena memiliki slogan jual-beli online mudah dan terpercaya karena Bukalapak memberikan jaminan 100% uang kembali kepada pembeli jika barang tidak dikirimkan oleh pelapak.

Memanfaatkan teknologi modern memang sangat diperlukan karena memudahkan agar tercapainya harapan bahkan lebih praktis jauh dari yang dibayangkan. Pelapak dapat mendaftar secara gratis di website https://www.bukalapak.com dengan membuat akun serta mendaftarkan akunnya sebagai pelapak di Bukalapak. Yuk.. jangan kebanyakan mikir kalau belum melakukan tindakan nanti keburu ketinggalan jauh oleh orang lain, segera daftarkan diri kalian yaa!

Saya sudah aktif di https://www.bukalapak.com sejak tahun 2017, sebagai pembeli barang yang saya butuhkan dan saya pun membuka toko yang menjualkan barang dagang yang saya miliki. Keuntungan sudah tidak perlu diragukan karena setelah bergabung dengan Bukalapak dompet saya dan rekening tidak pernah kosong. Berbisnis di usia muda saya ini sangat membantu kebutuhan hidup dengan tidak terlalu membebani orang tua karena saya masih menjalani pendidikan di sebuah Universitas di Bandung.

Terinspirasi oleh salah satu motivator muda perempuan cantik yang bernama Merry Riana, dalam unggahan video motivasinya beliau berkata bahwa,

“Menerima itu adalah sebuah berkah, tetapi memberi adalah sebuah anugerah.”

melalui kalimat tersebut saya tertegun dalam diam dan mencoba mencari maksud kalimat yang bagi saya cukup abstrak dan terdapat makna tersirat di dalamnya. Pada akhirnya, saya teringat dengan sebuah hadits Rasulullah, yaitu :

عَنْ حَكِيْمِ بْنِ حِزَامٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ :اَلْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنَ الْيَدِ السُّفْلَى

Dari Hakîm bin Hizâm Radhiyallahu anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam , Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Tangan yang di atas lebih baik daripada tangan yang di bawah.

Menganalogikan kalimat yang diutarakan oleh Merry Riana dan hadits Nabi Muhammad SAW dalam bisnis jual beli yaitu seorang penjual atau pelapak tentu memiliki derajat yang lebih mulia daripada pembelinya. Karena penjual atau pelapak menyediakan barang yang dibutuhkan oleh pembeli dan dapat membantu melengkapi kebutuhan pembelinya.

Semoga para pembaca dapat menjadi businessman yang mendapat berkah dan anugerah, segera bergabung dengan Bukalapak agar cita-cita kalian terealisasikan dengan baik!

Ada beberapa saran yang ingin saya sampaikan kepada Bukalapak, semoga saran ini bisa dibijaki dengan sebaik mungkin :

  1. Mengadakan sistem jual preoder, karena sistem preoder saat ini dibutuhkan oleh kalangan menengah dan kebawah. Para penjual yang khususnya menjual barangan dengan kesenian, ia harus membuat terlebih dahulu barang yang dipesan oleh pembeli sedangkan batas waktu penerimaan dan pengiriman sangat dibatasi oleh pihak Bukalapak.
  2. Mengadakan kredit tanpa kartu kredit, sistem jual beli ini sedang dicari oleh pembeli yang bisa menerima kredit uang untuk barangnya dengan tidak menggunakan kartu kredit. Karena banyak pembeli yang ingin mengkredit tetapi tidak mempunyai kartu kredit, semoga Bukalapak bisa mewadahi keinginan para pembeli.
  3. Tetap menjaga tradisi kebijakan Bukalapak yang sudah ada, dengan tetap menerima aspirasi dari masyarakat khususnya penjual dan pembeli agar Bukalapak dapat tetap menjadi online marketplace terpecaya di Indonesia karena penilaian baik dan buruknya perusahaan itu ada pada sasaran perusahan (pembeli dan penjual)

https://m.bukalapak.com/hari-kemerdekaan-indonesia

#bukainspirasi #bukalapak


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WhatsApp Me