IAIN/UIN Sunan Gunung Djati Bandung merupakan salah satu kampus negeri berbasis Islam yang sudah melewati masa yang lama, mulai dari tahun 1968 hingga saat  ini. IAIN Sunan Gunung Djati Bandung terhitung mulai berdirinya pada tanggal 8 April 1968 s.d 4 Oktober 2005, dan akhirnya berubah status menjadi UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada tanggal 5 Oktober 2005 sampai saat ini.

Sebagai mahasiswa/i IAIN/UIN Sunan Gunung Djati Bandung sudah selayaknya mengetahui siapa pemimpin kampus atau yang akrab disebut rektor. Dari Rektor pertama hingga saat ini, karena banyak jasa para rektor beserta jajaran yang diberikan kepada kampus tercinta.

Rektor Kesatu

Bernama Prof. KH. Anwar Musaddad, beliau merupakan rektor pertama IAIN Sunan Gunung Djati Bandung yang menjabat mulai tahun 1968 – 1972. Beliau lahir pada tanggal 3 April 1910 di Desa Ciledug, Kabupaten Garut – meninggal 21 Juli 2000 di Garut pada umur 91 tahun. Pada hidupnya beliau adalah seorang ulama asal tanah Sunda, seorang guru besar ilmu Perbandingan Agama dan Kristologi serta menjadi salah satu dari 5 ulama berkharismatik di Jawa Barat.

Nama beliau akhirnya diabadikan pada gedung aula di kampus Sunan Gunung Djati Bandung, yaitu Aula Anwar Musaddad. Gedung Aula tersebut semula bernama Aula Multipurpose dan pada masa Rektor Prof. Dr. Mahmud, M.Si melakukan perubahan nama dan diresmikan perubahan nama tersebut oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Rasa hormat atas jasa beliau, supaya tidak melupakan apa yang beliau lakukan untuk kampus tercinta ini dan agar generasi selanjutnya minimal mengenal nama beliau.

Rektor Kedua

Bernama Letnan Kolonel H. Abjan Soelaeman, beliau merupakan rektor kedua yang menggantikan posisi jabatan sebelumnya Prof. KH. Anwar Musaddad. Masa jabatannya hanya satu tahun, terhitung dari 1972 – 1973. Seperti rektor sebelumnya, nama beliau akhirnya diabadikan pada gedung aula di kampus Sunan Gunung Djati Bandung, jika Anda memasukin area kampus dan melewati ke kiri jalan maka sudah terlihat gedung aula tersebut.

Gedung Aula tersebut semula bernama Auditorium (Aula lama), dan pada masa Rektor Prof. Dr. Mahmud, M.Si melakukan perubahan nama dan diresmikan perubahan nama tersebut oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Rektor Ketiga

Bernama Drs. H. Solahuddin Sanusi, beliau merupakan rektor ketiga yang menggantikan posisi jabatan sebelumnya Letnan Kolonel H. Abjan Soelaeman. Masa jabatan beliau sebagai rektor terhitung dari tahun 1973 – 1977. Nama beliau pun kini diabadikan pada salah satu gedung di kampus Sunan Gunung Djati Bandung, tepatnya pada gedung laboratorium terpadu yang sekarang diubah namanya menjadi Gedung Solahuddin Sanusi, posisinya bersebelahan dengan Gedung Aula Anwar Musaddad.

Rektor Keempat

Bernama Drs. H. Djauharuddin AR, beliau merupakan rektor keempat yang menggantikan posisi jabatan sebelumnya Drs. H. Solahuddin Sanusi. Beliau menjabat mulai tahun 1977 – 1986. Beliau kelahiran Rajagaluh, Majalengka pada tahun 1933 dan menutup usianya pada tahun 1995. Nama beliau kini diabadikan pada salah satu gedung kampus Sunan Gunung Djati Bandung, tepatnya yaitu gedung pusat informasi kampus yang dikenal dengan Gedung Rektorat atau Al-Jamiah.

Rektor Kelima

Bernama Prof. Dr. Rachmat Djatnika, beliau merupakan rektor kelima yang menggantikan posisi jabatan sebelumnya Drs. H. Djauharuddin AR. Masa jabatan beliau terhitung dari tahun 1986 – 1995. Karya tulis beliau yang masih dikenal hingga saat ini bejudul “Sejarah Masa Lalu Untuk Cerminan Masa Kini Dan Mantap Masa Depan Perjuangan K.H. Wasid dan Para Ulama Banten lainnya Menentang Kolonialisme belanda Pada Tahun 1888 M.”

Nama beliau pun diabadikan pada gedung perpustakaan kampus Sunan Gunung Djati Bandung, dan 5 nama rektor yang sudah disebutkan ini semuanya diresmikan perubahan nama tersebut oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Rektor Keenam

Bernama Prof. Dr. Endang Soetari Ad, M.Si, beliau merupakan rektor keenam yang menggantikan posisi jabatan sebelumnya Prof. Dr. Rachmat Djatnika. Masa jabatan beliau terhitung dari tahun 1995 – 2003. Dan beliau adalah salah satu sosok perintis dibalik perubahan nama IAIN menjadi UIN.

Rektor Ketujuh

Bernama Prof. Dr. H. Nanat Fatah Natsir, MS, beliau merupakan rektor ketujuh yang menggantikan posisi jabatan sebelumnya Prof. Dr. Endang Soetari Ad, M.Si. Masa jabatan beliau sebagai rektor terhitung dari tahun 2003 – 2011. Beliau merupakan tokoh pendidikan Islam di Indonesia kelahiran Garut, 11 Desember 1954.

Rektor Kedelapan

Bernama Prof. Dr. Deddy Ismatullah, M.Hum, beliau merupakan rektor kedelapan yang menggantikan posisi jabatan sebelumnya Prof. Dr. H. Nanat Fatah Natsir, MS. Masa jabatan beliau sebagai rektor terhitung dari tahun 2011 – 2015.

Rektor Kesembilan

Bernama Prof. Dr. Mahmud, M.Si, beliau merupakan rektor kesembilan yang menggantikan posisi jabatan sebelumnya Prof. Dr. Deddy Ismatullah, M.Hum. Beliau menjabat sebagai rektor dari tahun 2011 – hingga saat ini atau hingga tahun 2023 nanti.

Kategori: Artikel