Hallo sahabat travaler …

Sudah tidak asing lagi sepertinya menulis tentang destinasi wisata yang satu ini, wisata sekaligus mengenal adat warga Dieng, tahun ini festival yang diselenggarakan oleh warga dieng masuk ke dalam usia 1 dekade atau 10 tahunnya Dieng Culture Festival. Wah, sudah lama sekali ya, kita doakan bersama semoga festival ini akan tetap ada sampai generasi berikutnya.

Dieng Culture Festival 2019 memiliki tema  “The Inspiration of Culture” dengan berbagai kegiatan yang diselenggarakan, diantaranya yaitu :

  1. Jazz Atas Awan
    Konser musik jazz yang diadakan di Komplek Candi Arjuna pada malam hari menjadi sensasi tersendiri bagi wisatawan. Suhu yang dingin tidak menyurutkan antusias wisatawan untuk larut dalam alunan musik jazz yang dimainkan oleh musisi-musisi ternama.
  2. Jamasan Rambut Gembel
    Merupakan rangkaian puncak acara Dieng Culture Festival, yaitu pemotongan rambut gimbal pada anak yang sudah mengikuti prosesi adat. Sebelumnya orang tua harus menuruti permintaan si anak sebelum melakukan prosesi pemotogan rambut gimbal. Tahap awal, anak berambut gimbal akan dijamas menggunakan 7 sumber mata air.
  3. Kirab Budaya
    Pertunjukan seni trasional khas yang terdiri dari tiga kategori, yaitu : Sendratari, pagelaran musik tradisional, dan seni bela diri. Para wisatawan dapat menikmati penampilan seperti Tari Topeng Karngsari, Tari Lengganis, Tari Wakayu, Tari Gendek, Tari Gobyok Jaranan, Tari Topeng Ireng, Tari Lengger Sriwidodo, Sri Aji Senggani, Anggok Dieng Wetan, Cepin Tambak Sari Sidengok, Kubro Siswo Sejajar dan Sendratari Anak Gembel.

Berpose ria di Batu Ratapan Angin, Dieng.

Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 2 – 4 Agustus 2019 ini mendapati pujian dari seluruh masyarakat Indonesia, mulai dari yang hadir untuk mengikuti festival hinggal reporter yang meliput berita untuk disiarkan di platformnya. Dataran tinggi Dieng adalah tempat yang menyentuh suhu dingin hingga 0 derajat bahkan minus dari 0 derajat, tentu sangat dingin hingga tampaknya salju dibeberapa tempat. Jadi, bagi kalian yang ingin berkunjung ke Dieng mohon dipersiapkan pakaian tebalnya ya!


Panggung Utama Dieng Culture Festival 2019

 

Mau lihat keseruan Dieng Culture Festival 2018? Klik disini ya!


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

WhatsApp chat WhatsApp Me