Tulisan merupakan salah satu media komunikasi yang mampu bersaing dengan vidio/iklan, karena dengan tulisan komunikasi tidak hanya untuk satu orang, melainkan beberapa orang bahkan jumlah yang tidak terbatas. Apalagi di era digital saat ini, tulisan dapat kita publikasikan di internet melalui platform pilihan kita. Tulisan pada umumnya terbagi 2, fiksi dan non fiksi.

Fiksi adalah cerita rekaan, khayalan, tidak berdasarkan kenyataan. Seperti, roman dan novel

Non Fiksi adalah cerita nyata, fakta, sesuai dengan kenyataan. Seperti artikel dan berita

Dalam membuat tulisan ada 3 jenis yang populer dan diminati oleh banyak pembaca, minimal satu saja dari tiga jenis terdapat pada tulisan yang kita buat, mau itu fiksi maupun non fiksi. Berikut 3 jenis tulisan tersebut :

  1. Menggugah Emosi
    Buatlah tulisan yang dapat membuat pembaca ikut dalam isi kisah yang kita buat, seperti tertawa, menangis, bahagia bahkan marah sekalipun. Buat pembaca ikut serta merasakan apa yang kisahkan dalam tulisan yang dibuat.
  2. Memberi Edukasi
    Buatlah tulisan yang dapat membuat pembaca mendapatkan edukasi baru atau menambah kemampuan di bidang tertentu. Membuat tulisan seperti ini jangan menunggu sampai disebut ahli, tapi buatlah dari sekarang sesuai dengan pengetahuan dan kemampuan yang anda miliki.
  3. Menginspirasi
    Buatlah tulisan yang dapat membuat pembaca mendapatkan harapan baru atau perubahan pola pikir ke arah yang lebih baik. Tulisan yang baik, adalah tulisan yang dapat memberi dampak positif bagi pembaca. Dengan tulisan yang baik bisa menjadi pahala jariyyah bagi penulis.

Sering kali seorang penulis hanya sekadar menuliskan sebuah tulisan tetapi tidak memberikan dampak positif bagi para pembaca. Tentu hal ini perbuatan yang sia-sia, karya yang sudah dibuat tidak bermanfaat untuk orang lain. Oleh karena itu, 3 jenis tulisan di atas bisa anda coba salah satunya dari tulisan yang akan dibuat.

Keterampilan menulis yang buruk akan menciptakan kesan pertama yang buruk, akan ada pembaca yang bereaksi negatif jika menemukan kesalahan ejaan atau tata bahasa.

Pastikan tulisan yang kita buat jauh dari kesalahan ejaan atau tata bahasa. Buatlah pembaca nyaman dan terhibur dengan tulisa yang dibuat, karena bisa jadi pembaca pernah merasakan hal yang sama dengan tulisan yang kita buat atau memberi inspirasi agar terarah menuju yang lebih baik.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *