Keutamaan Dzikir Pagi dan Petang

Dari Anas bin Malik radiyallahu ‘anhu bahwa rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Aku duduk bersama orang-orang yang berdzikir kepada Allah dari mulai shalat subuh sampai terbit matahari lebih aku sukai daripada memerdekakan empat orang budak dari anak Ismail. Dan aku duduk bersama orang-orang yang berdzikir kepada Allah dari mulai shalat ashar sampai terbenam matahai lebih aku cintai daripada memerdekakan empat orang budak.” (HR. Abu Dawud).

Imam Ibnu Qayyim rahimahullah berkata:

“Waktunya antara subuh hingga terbit matahari dan antara ashar hingga terbenam matahari.”

Dalil Dari al-Qur’an Tentang Keutamaan Dzikir Pagi dan Petang

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya  * Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang.”  (QS. Al-Ahzab: 41-42).

Al-Jauhari, seorang ahli bahasa mengataka bahwa yang di maksud dengan أصيلا dalam ayat tersebut adalah waktu antara ashar sampai maghrib.

Allah subhanahu wa ta’ala juga berfirman:

“Maka bersabarlah kamu, karena sesungguhnya janji Allah itu benar, dan mohonlah ampunan untuk dosamu dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu petang dan pagi.” (QS. Al-Mu’min: 55).

الإبكار artinya awal siang hari, sedangkan العشي artinya akhir siang hari.

Perkataan Para Ulama Tentang Dzikir Pagi dan Petang

Ibnu Qayyim al-Jauziyah berkata:

Dzikir pagi dan petang seperti baju besi, semakin bertambah ketebalannya, maka pemiliknya semakin tidak terkena (bahaya). Bahkan kekuatan baju besi itu bisa sampai memantulkan kembali anak panah sehingga berbalik mengenai pemanahnya sendiri.

 

Ibnu ash-Shalah berkata:

Barangsiapa menjaga pengamalan dzikir pagi dan petang, dzikir ba’da shalat dan dzikir tidur, maka dia di hitung termasuk orang-orang yang banyak berdzikir kepada Allah.

 

Syeikh Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin al-Badr hafidzahullah berkata:

Dzikir itu menjaga pelakunya dari dari setan. Barangsiapa yang terlepas dari berdzikir, maka setan akan menemaninya. Dan seseorang tidak akan bisa menjaga dirinya dari setan kecuali dengan dzikir kepada Allah.

Dzikir-dzikir Yang di Anjurkan untuk di Baca Pagi dan Petang

  • Ayat Kursi

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Barangsiapa yang membaca ayat ini pada pagi hari, maka ia dilindungi dari gangguan jin hingga sore hari. Dan barangsiapa yang membacanya pada sore hari, maka ia di lindungi dari gangguan jin hingga pagi hari.”(HR. Al-Hakim).

  • Bacaan “bismillahi alladzi laa yadhurru ma’asmihi syai’un fil ardhi wa laa fis assama’i wa huwa as-sami’iul ‘aliim

Dari Utsman bin Affan, nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barngsiapa yang membaca tiga kali pada pagi dan sore hari, maka tidak ada sesuatu pun yang akan membahayakan dirinya.” (HR. Tirmidzi, Abu Dawud, Ahmad,  Ibnu Majah, dan al-Hakim).

 

Imam al-Qurthubi mengatakan:

“Ini adalah hadits yang yang shahih, perkataan yang benar. Saya meyakini kebenarannya dari dalil dan terbukti di dunia nyata. Sejak saya mendengar hadits ini, saya selalu mengamalkannya, sehingga hal yang berbahaya tidak mengenaiku, kecuali jika aku lupa membacanya. Suatu ketika di Madinah, aku di sengat kalajengking. Kemudian aku ingat-ingat, ternyata aku lupa membaca dzikir tersebut.”

  • Surat al-Ikhlas, al-Falaq, dan an-Nas

Dari hadits yang berasal dari jalur Mu’adz bin ‘Abdillah, dari ayahnya, bahwa rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“…Ucapkanlah ‘Qul huwallahu ahad dan al-Mu’awwidzatain (al-Falaq dan an-Nas) pada saat sore dan pagi hari sebanyak 3 kali, maka engkau akan di cukupkan dari segala sesuatu.”

Al-Ayyubi menjelaskan maksud hadits ini, bahwasanya siapa yang membaca surat-surat ini tiga kali pada pagi dan sore hari, maka dia akan terhindar dari segala sesuatu yang tidak di harapkan atau dari sesuatu yang dibenci. Dia terhindar dari segala sesuatu yang di benci atau kurang baik.

 

Written by Helmi Zulnazar


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *