Sebelumnya saya ucapkan selamat untuk anda yang lulus tahap administrasi seleksi penerimaan Djarum Beasiswa Plus 2020/2021, saya ingatkan bahwa penyeleksian belum berakhir karena masih ada tahap berikutnya yang harus anda ikuti agar bisa menjadi penerima beasiswa tersebut.

Djarum Beasiswa Plus 2020/2021  mengalami banyak perubahan dari tahun seleksi sebelumnya, mulai dari syarat pendaftar yang semula minimal IPK 3.00 menjadi 3.20, uang yang didapat untuk tahun ini pun lebih banyak daripada sebelumnya dan tenyata teknis penyeleksian pun berubah karena kondisi pandemi covid-19 ini. Tapi saya yakin, bahwa para pendaftar tidak berkurang semangatnya, dan para panitia pun dengan maksimal untuk mendapatkan generasi beswan selanjutnya.

Setelah anda dinyatakan lulus tahap administrasi ada 2 tahap lagi yang harus diikuti, yaitu :

  1. Tes Tulis
  2. Wawancara/Interview

Informasi yang sudah beredar bahwa 2 tahap selanjutnya ini akan dilaksanakan secara daring, dan mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan oleh panitia Djarum Beasiswa Plus. Tetapi agar memberikan gambaran seperti apa tes tulis dan wawancara yang dilakukan, saya ingin berbagi informasi dari pengalaman yang sudah saya dapatkan.

TES TULIS

Tes tulis pada umumnya diselenggarakan dengan 3 jenis :

  1. TPA (Tes Potensi Akademik)
  2. Tes Wartegg
  3. Draw a Man and Tree

Pertama
Mengenai Tes Potensi akademik (TPA) nanti akan disuguhkan berbagai macam pertanyaan dari ilmu pengetahuan umum seperti, matematika dasar, aritmatika, pengetahuan umum, verbal, logika, bahasa, dll. Pada tes ini sistemnya tidak menggunakan seperti halnya tes SBMPTN, yang kalau salah mengurangi poin. Jadi pastikan kerjakan dari yang paling mudah dulu menurut anda, lalu jangan sampai menggunakan sistem hitung kancing (asal-asalan) dalam menjawab soal yang diberikan. Kalau ada soal yang benar-benar tidak tau jawabannnya, mungkin bisa menjawabnya dengan yang paling mendekati atau kerjakan saya yang anda bisa.

Kedua
Mengenai Tes Wartegg ini nanti diarahkan untuk menggambar 8 pola yang sudah disediakan. Setelah digambar, maka kita mendeskripsikan hasil gambar yang telah dibuat. Oleh karena itu, harus sudah dipersiapkan kiranya gambar apa yang akan dibuat dan apa deskripsi dari gambar tersebut. Saran saya, buat gambar dari pola yang sudah disediakan dengan gambar yang kekinian atau gambar yang belum beredar di dunia maya, ini menandakan bahwa anda tidak copy paste dan mempunyai kemampuan tersendiri.

Ketiga
Mengenai tes yang terakhir pada tahap ini adalah Draw a Man and Tree, ini merupakan tes yang menguji psikolog diri kita. Imajinasi yang dipakai untuk membuat suatu gambar dari diri kita dan harapan kita (cita-cita). Draw a Man disini nanti kita mendeskripsikan diri kita atau orang lain yang melibatkan diri kita, lalu menceritakan apa maksud gambar tersebut. Lalu Draw a Tree disini, anda menggambarkan pohon secara utuh. Pastikan menggambar pohon secara lengkap dengan bagian-bagiannya, semakin lengkap berarti menandakan bahwa anda teliti terhadap sesuatu. Jangan lupa juga diakhir, tulis keterangan itu pohon apa, agar panitia bisa menyesuaikan dengan wujud asli pohon tersebut dengan yang anda gambar.

Inilah 3 jenis pada tes tulis Djarum Beasiswa Plus, meskipun tidak tau apa jenis tes tulis tahun ini karena diadakan secara daring. Tapi rasanya, bisa saja menggunakan 3 jenis tersebut, hanya pelaksaannya secara daring dengan bantuan teknologi yang sudah ada.

Setelah mengikuti ujian tulis, maka akan diumumkan siapa yang lulus untuk ke tahap berikutnya, jadi tidak semua yang mengikuti tes tulis ini bisa melanjutkan tahap selanjutnya, yaitu wawacara/interview.

Wawancara merupakan seleksi yang membuat jantung berdetak lebih cepat dan kencang. Pasti anda sudah melakukan wawancara dalam bentuk apapun meskipun baru satu kali. Bagi anda yang sudah dinyatakan lulus seleksi tes tulis, maka hal tersebut akan terulang kembali dengan teknis yang berbeda, yaitu virtual.

Pastikan beberapa hal ini sudah anda persiapkan sebelum melakukan wawancara virtual :

  • Mengenakan pakaian yang rapih (pakaian sopan)
  • Memilih posisi duduk wawancara yang baik (duduk tegap, jangan sambil tiduran)
  • Memilih lokasi wawancara yang baik (pencahayan dan suara lain yang sekiranya mengganggu)
  • Koneksi internet

Untuk pertanyaan yang diajukan sebenarnya tidak selalu sama, karena biasanya berbeda penguji maka berbeda pula pola pertanyaan yang diajukannya. Tetapi pada intinya, tampilkan diri anda sebaik mungkin ketika wawancara berlangsung, karena pada saat itulah panitia atau khususnya penguji bisa melihat langsung anda itu seperti apa. Jaga sikap ketika wawancara, dan jangan lupa memberikan senyuman karena itu hal terkecil jika anda tidak bisa menjawab pertanyaan yang diajukan.

Setiap pertanyan yang diajukan, jawablah dengan kemampuan anda sendiri jangan merendah karena itu akan membuat penguji ragu dan bisa jadi anda tidak lulus pada tahap wawancara ini. Tampilkan bahwa anda adalah orang yang tepat untuk menjadi salah satu penerima beasiswa ini, pertanyaan yang sering diajukan adalah sebagai berikut :

  • Apa kemampuan dan kekurangan kita?
  • Apa cita-cita kita?
  • Apa alasan mengikuti tes Djarum Beasiswa Plus?
  • Mengapa Djarum Beasiswa Plus ini berhak untuk anda dapatkan?
  • Mengapa panitia/penguji bisa menerima anda sebagai salah satu penerima Djarum Beasiswa Plus?

Dan masih banyak pertanyaan lainnya, setelah pertanyaan dapat anda jawab semaksimal mungkin. Jangan lupa ucapkan terimakasih kepada penguji dan minta doa darinya semoga anda bisa menjadi salah satu penerima beasiswa tersebut.

Semangat untuk mengikuti tahap selanjutnya, jangan lupa banyak latihan dan minta doa ke orang tua agar selalu diberi kemudahan, semoga berhasil!


Pengalaman Mengikuti Djarum Beasiswa Plus 2019

Kategori: Beasiswa