Siapa yang tidak mau kuliah gratis karena beasiswa? Tentu ingin bukan? Tapi, biasanya banyak yang berpikir untuk mendapatkan beasiswa itu hal yang sulit. Apalagi, beasiswa itu hanya ditujukan untuk jurusan tertentu sehingga kamu yang merasa bukan di jurusan populer berpikir tak ada beasiswa untuk jurusan kamu.

Beberapa anggapan diatas adalah lumrah yang berada di dalam benak banyak mahasiswa dan calon mahasiswa. Sebenarnya, untuk mendapatkan beasiswa tidak terlalu rumit bila kamu mengetahui apa saja yang menjadi pertimbangan untuk lulus seleksi beasiswa. Berikut saya ingin membahas beberapa hal yang perlu kamu ketahui dan lakukan bila ingin lulus seleksi beasiswa di bangku perkuliahan.

  1. Mencari Informasi Beasiswa
    Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari informasi beasiswa sebanyak mungkin, dari berbagai sumber seperti di media sosial dan yang lainnya. Di era modern saat ini sayang sekali jika tidak memanfaatkan teknologi yang hari demi hari semakin canggih. Cukup tersambung internet, bisa berselencar di dunia maya dan menggali segala informasi. Oleh karena itu, Kamu harus bisa mencari informasi beasiswa sebaik mungkin, manfaatkan teknologi sebaik mungkin.
  2. Aktif Berorganisasi
    Mahasiswa tidak sama dengan siswa, perkuliahan berbeda dengan sekolah. Salah satu yang membedakannya adalah aktifnya organisasi pada dunia perkuliahan. Organisasi dapat diikuti di dalam kelas maupun luar kelas, hal ini merupakan pelatihan skill kepemimpinan yang ada pada diri mahasiswa. Selain harus belajar dengan baik dan benar, mahasiswa pun dituntut aktif berogranisasi. Semakin banyak kamu ikut organisasi maka semakin baik pula pengalaman kepemimpinan yang kamu dapat, apapun bentuk organisasinya pasti memberikan manfaat kebaikan. Tidak sedikit penyedia beasiswa mencari karakter mahasiswa seperti ini, jadi persiapkan dan aktiflah berorganisasi.
  3. Melatih Kemampuan Berbahasa Asing
    Ada pepatah bijak pernah berkata “Menguasai bahasa asing, bagaikan kita telah mengenggam dunia”. Yah kurang lebih seperti itu. Memang menguasai bahasa asing sudah merupakan suatu kewajiban. Betapa tidak, menguasai bahasa asing seperti bahasa Inggris, Arab, Jerman, Perancis, Cina, dan lain-lain, memiliki manfaat. Salah satunya kalau kita ingin menuntut ilmu di negeri orang, bukan hanya kepandaian dalam bidang studi yang kita ampu di sana, namun berinteraksi menggunakan bahasa mereka itu menjadi barang yang harus mereka miliki. Belajarlah bahasa asing sebaik mungkin, karena penyedia beasiswa banyak mencari mahasiswa yang mahir dalam berbahasa asing.
  4. Mempertahankan dan Tingkatkan Prestasi Akademik
    Nilai memang bukan segalanya, tapi dalam beasiswa nilai menjadi segalanya. Dengan hasil nilai akademik menjadi tolak ukur kemampuan mahasiswa dalam menerima pelajaran yang diberikan di dalam kelas. Banyak sekali penyedia beasiswa yang menjadikan salah satu syarat pendaftar calon beasiswa adalah dengan meminimalkan nilai prestasi akademik atau sering disebut dengan IPK. Oleh karena itu, pertahankanlah jika sudah bagus nilai IPKnya serta tingkatkan terus jangan sampai turun.

Kurang lebih 4 hal di atas yang perlu diketahui dan lakukan jika ingin lulus dalam seleksi beasiswa, jangan sampai buta informasi! Tetap mencari relasi sebaik mungkin, semakin banyak relasi yang kamu dapatkan, semakin mudah hidup kamu di dunia.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

WhatsApp WhatsApp Me