Menciptakan bukan hal yang mudah bagi seseorang, karena menciptakan berarti mengadakan sesuatu yang belum ada menjadi ada. Seseorang yang mempunyai pola pikir maju, maka ia lebih memprioritaskan keilmuan dibidang yang ia minati agar segala harapan yang dimiliki dapat terwujud. Pola merupakan langkah-langkah yang harus dilalui agar terselenggaranya tujuan dari pola tersebut, jika seseorang menginginkan sesuatu maka ia harus tau terlebih dahulu pola atau langkah yang diambil agar keinginannya tercapai.

Berbicara teknologi pada zaman sekarang memang tidak akan ada habisnya, karena ketika kita sedang membahas salah satu teknologi tidak lama kemudian muncul teknologi yang baru sehingga pembahasan akan tidak pernah habis jika dalam naungan teknologi. Tekhusus teknologi yang dibahas adalah informasi dan komunikasi, dua teknologi yang sulit untuk dipisahkan. Sebab memisahkan salah satu diantaranya maka mengakibatkan patah kaki jika dianalogikan seseorang yang berjalan. Oleh karenanya teknologi informasi dan komunikasi haruslah relevan dengan keseimbangan, tidak dibuat lebih unggul diantara keduanya.

Semua harapan yang dilakukan semata-mata mencari ridho Allah SWT, selain itu harapan yang dimiliki adalah terwujudnya Indonesia jaya. Indonesia merupakan negara di Asia Tenggara yang memiliki 5 pulau terbesar dari Sabang sampai Merauke. Kota metropolitan Indonesia yang disebut Jakarta menjadi Ibu Kota sentral wilayah kepemimpinan Presiden Republik Indonesia. Perbedaan suku, budaya, ras dan agama menjadikan Indonesia memiliki kekayaan tersendiri yang tidak dimiliki oleh negara-negara lain. Mengambil contoh yaitu pulau Jawa sudah memiliki beragam Bahasa yang sering dipakai oleh masyarakat penghuni pulau Jawa seperi, Bandung, Yogyakarta dan  Semarang.

Indonesia yang terhimpit antara dua Samudera yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Hindia menjadi keistimewaan tersendiri, karena strategisnya wilayah Indonesia memungkinkan negara lain untuk berkunjung ke wilayah Indonesia dengan beragam tujuan seperti wisata, berdagang, bisnis dan yang lain sebagainya. Kuantitas masyarakat Indonesia yang cukup banyak ini menjadikan para leluhur membuat simbol kebersamaan yaitu Bhinneka Tunggal Ika. Bhineka yang berarti beraneka ragam, Tunggal yang berarti satu, dan Ika yang berarti itu, membuat emosional masyarakat Indonesia terpanggil ke dalam kebersamaan. Kalimat yang berada di genggaman kaki Burung Garuda memberi simbol bahwa keeratan antar sesama memang harus dijunjung tinggi.

Indonesia memiliki wadah tersendiri yang menfokuskan dalam penelitian ilmu pengetahuan dan teknologi, wadah tersebut bernama PUSPIPTEK. PUSPIPTEK adalah singkatan dari Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang mempunyai visi yaitu,

“Menjadi National Science Techno Park (N-STP) yang berfungsi sebagai pusat penelitian, pengembangan, dan inovasi teknologi yang bermutu dalam mendukung daya saing bangsa”

wadah tersebutlah yang membicarakan mengenai riset penelitian yang kemudian dari hasil penelitian tersebut dikembangkan serta menciptakan inovasi baru, tentu dalam mewujudkan visi tersebut PUSPIPTEK memiliki pola yang tersusun secara dinamis yang disebut misi, yaitu :

  1. Meningkatkan inovasi produk-produk nasional
  2. Meningkatkan budaya entreupreneurship, penumbuhan PPBT dan meningkatkan kemampuan SDM industri/masyarakat
  3. Meningkatkan kualitas layanan tata kelola, sarana-prasarana, dan keamanan-keselamatan kawasan PUSPIPTEK

PUSPIPTEKberalamat di Gedung 720, Jalan Raya Puspiptek, Muncul, Tangerang Selatan, Muncul, Setu, Kota Tangerang Selatan, Banten 15314, klik disini untuk melihat melalui Google Maps. Barangkali sahabat pembaca ingin berkunjung silahkan untuk mengunjungi alamat yang tertera.

Di era modern saat ini memang lebih praktis jika dibandingkan dengan era sebelumnya, keunggulan teknologi informasi dan komunikasi sangat berperan dalam hal apapun. Seperti antar keluarga yang mengalami jarak yang jauh dengan keluarga lainnya agar komunikasi antar mereka tetap terjalin maka teknologi informasi dan komunikasi berperan penting bagi mereka. Tidak hanya itu, daerah lingkup kecil yang jauh dari berbagai informasi dengan adanya media online maka mereka dapat mengakses dengan mudah hanya bermodal gadget dan jaringan internet maka informasi dapat dimiliki.

Betapa banyak barang produk luar negeri yang saat ini kita genggam, mulai dari handphone, laptop, komputer dan yang lain sebagainya. Produk lokal asli Indonesia masih sangat tidak terlihat, padahal untuk menjadikan Indonesia jaya kita harus mencintai produk lokal bahkan menciptakan produk yang bisa bersaing oleh produk dari negara lain. Jangan salahkan pemerintah, jangan salahkan salah satu wadah yang menanggung jawabkan perihal tersebut tetapi salahkan diri kita yang masih belum ingin berkontribusi untuk negara tercinta, yaitu Indonesia.

Kejahatan dunia maya atau populer dengan istilah cyber crime adalah sebuah tindak kejahatan yang dilakukan di dunia maya. Seperti tindak kejahatan pada umumnya, hal tersebut dapat mengakibatkan kerugian bagi orang lain.
Kebanyakan pelaku cyber crime hanya sekedar iseng melakukan tindakan tersebut. Akan tetapi, tidak sedikit juga yang menginginkan keuntungan dari pihak-pihak tertentu. Seharusnya wadah Teknologi Informasi dan Komunikasi meneliti perihal yang terjadi saat ini hingga ke akar permasalahannya, guna menghindari lahirnya kejahatan dengan modus yang berbeda.

 

Ilustrasi Kegiatan Seminar

Peran PUSPIPTEK dalam menanggulangi hal yang terjadi di Indonesia ini salah satunya adalah dengan mengadakan seminar rutin yang bisa diselenggarakan di berbagai daerah atau bahkan sekolah, menimbang hal seperti ini adalah sebuah pendidikan sehingga sasarannya adalah pelajar dan umumnya seluruh masyarakat Indonesia. Selain itu, bekerja sama dengan pemeran bagian komunikasi dan informasi di luar negeri bisa menjadikan peluang emas bagi Indonesia, bertukar pikir dan program kerja sehingga mengambil hal yang baik agar bisa ditiru di Indonesia.

View this post on Instagram

Pengembangan teknologi merupakan suatu keniscayaan bagi suatu negara jika mereka ingin berkembang kearah yang lebih baik. Pengembangan teknologi sangatlah perlu ditunjang dengan adanya fasilitas, infrastruktur ataupun kelembagaan penelitian yang ada. Lalu sudah sampai manakah penelitian di Indonesia khususnya di 8 bidang fokus penelitian ? Tuliskan pendapatmu dalam kompetisi menulis khusus blogger bertajuk ANUGERAH PEWARTA PUSPIPTEK Tema tulisan : Inovasi pada 8 fokus bidang penelitian menuju Indonesia jaya Kirim cv, foto KTP dan karya ke sekretariat.pif@gmail.com dengan subjek : Blogger Total hadiah 16 Juta Pendaftaran peserta dibuka dari 17 Juli -11 Agustus 2018 Kompetisi ini diselenggarakan oleh @puspiptek dan @bitread_id Narahubung : Bitread (0838 9079 0002)

A post shared by PUSPIPTEK (@puspiptek) on

Yuukk .. follow akun Instagram PUSPIPTEK

Sumber terkait

 

WhatsApp chat WhatsApp Me