Menggelitik adalah sebuah perlakuan kepada objek agar ia merasa geli, tetapi dalam hal ini menggelitik memiliki makna yang berbeda, di dalam Kamu Besar Berbahasa Indonesia menggelitik disini bermakna memberanikan, kenapa? Karena masyarakat Banten selayaknya memberanikan dirinya untuk menjadikan Banten provinsi terkeren. Wah bagaimana caranya? Yuk lanjut baca sampai tuntas!

Terdapat 3 aspek dalam menjadikan Banten provinsi terkeren, yaitu :

  1. Mengetahui sejarah Banten masa lalu
  2. Mengetahui keadaan Banten masa kini
  3. Mengetahui cita-cita Banten masa depan

Saya ingin mengakrabkan diri kepada masyarakat Banten dengan sebutan Bantenians, dengan sebutan ini semoga bisa mempererat silatuhrami kita bersama.

Hal yang pertama adalah mengetahui sejarah Banten pada masa lalu, seseorang tentu memiliki kecintaan kepada sesuatu jika ia kenal kepada apa yang ia cintai. Oleh karenanya dengan mengetahui sejarah adalah salah satu mewujudkan Banten menjadi provinsi terkeren.

Saat itu agama Hindu-Budha menjadikan kawasan Banten dikenal dengan sebutan Banten Girang yang merupakan sebuah bagian Kerajaan Sunda yaitu bagian Kerajaan Taruma. Sebagai daerah sekaligus sebuah bangsa, Banten telah lama dikenal dalam peta masyarakat dunia. Berbagai sumber asing menyebutkan Banten (saat itu dikenal dengan Bantam) sebagai satu dari beberapa daerah yang menjadi rute pelayaran dimana sebagai salah satu daerah dengan kota pelabuhan yang sangai ramai, serta masyarakat yang damai dan makmur.

Nama Banten sudah ada sejak dulu, kerajaan dan masyarakat terdahululah yang menjaga nama Banten sehingga kita bisa mengenalnya. Betapa beratnya perjuangan orang-orang yang menjaga tanah sudut Pulau Jawa ini, kekayaan wilayah Banten menjadi salah satu tujuan para penjajah agar bisa menjadikan tanah Banten ini milik mereka. Budaya yang dianut oleh masyarakat Banten adalah agama Islam dengan religius yang tinggi sehingga menjadikan kehidupan antar sesama menjadi damai.

Peninggalan masyarakat budaya Banten yang sangat kental bahkan diketahui oleh nusantara diantaranya adalah :

  1. Pencak silat
  2. Debus
  3. Rudad
  4. Tari Cokek
  5. Dog-dog, dll.

Tujuan mengetahui sejarah Banten adalah menanam cinta kepada Banten dan yang ada di dalamnya, karena nama adalah sebuah sejarah maka ukirkan nama tersebut dan jadikan diri kita ada di dalam sejarah tersebut.

Baiklah Bantenians, banyak sejarah yang perlu diketahui tetapi setidaknya kita tau tentang sedikit mengenai Banten daripada tidak tau sama sekali. Aspek berikutnya adalah mengetahui keadaan Banten masa kini, apa maksudnya? Tentu keadaan Banten tidaklah statis, maksudnya selalu mengalami perubahan. Sehingga dalam hal ini seberapa pengetahuan kita mengenai Banten yang selalu mengalami perubahan.

Mulai dari infrastruktur pembangunan, budaya bantenians, hingga pemerintahan Provinsi Banten. Sedikit menyinggung infrastruktur pembangunan yang menjadi prasarana bantenians saat ini jauh lebih baik daripada sebelumnya, karena didukung oleh teknologi yang di era modern saat ini semakin cangging sehingga pelayanan bantenians  semakin mudah dan terarah. Satu prasarana yang memadai adalah pusat suatu daerah dalam wilayah Banten, dalam hal ini sering disapa alun-alun. Alun-alun merupakan sentral daerah sekitar yang menjadikan tempat tersebut bisa bermanfaat bagi bantenians, bahkan bukan hanya itu sentral daerah bisa dijadikan pusat utama wisatawan datang ke wilayah Banten. Sentral daerah menjadi ikon yang dijunjung tinggi oleh bantenians dan pemerintahan setempat.

Budaya bantenians pun jangan sampai terlewatkan, dan jangan lupa bahwa pada aspek pertama kita telah diwariskan budaya masyarakat pada zaman dahulu. Pada aspek kedua ini mari kita bersama-sama menjaga dan melestarikan budaya yang hampir punah, dalam artian sangat jarang bantenians melakukan budaya tersebut. Ada beberapa cara agar budaya tetap terwarisi hingga generasi berikutnya, yaitu :

  1. Memberikan pendidikan mengenai budaya kepada anak-anak.
  2. Mengadakan perlombaan tentang budaya lalu memberikan apresiasi kepada pemenang.
  3. Pemerintahan dan Bantenians bersinergi bersama untuk menjaga dan melestarikan warisan budaya.

Lalu yang terakhir mengenai aspek kedua adalah mengetahui Pemerintahan Provinsi Banten, hal ini sangat sering diacuhkan oleh kalangan bantenians bawah mereka yang kurang paham mengenai hal tersebut merasa apatis. Padahal dengan mengetahui pemerintahan dapat mewujudkan Banten menjadi provinsi terkeren. Oleh karenanya, marilah kita bersama-sama memperkenalkan sedikit demi sedikit Pemerintahan Provinsi Banten kepada seluruh bantenians tanpa terkecuali.

Seperti itulah aspek kedua untuk mewujudkan Banten menjadi provinsi terkeren, dengan tujuan bantenians up to date dalam hal masa kini sehingga bantenians dapat mengawasi segala perkembangan Provinsi Banten agar tidak keluar dari koridor visi dan misi. Lalu aspek yang terakhir adalah mengetahui cita-cita Banten pada masa depan, dalam hal ini mari kita bahas mengenai visi dan misi agar cita-cita Provinsi Banten terarah sesuai dengan harapan.

Mengutip dari birokesra.bantenprov.go.id Visi dan Misi Provinsi Banten selalu mengalami perubahan sesuai dengan Gubernur dan Wakil Gubernur yang memimpin Provinsi Banten.

Visi 

“ Bersatu Mewujudkan Rakyat Banten Sejahtera Berlandaskan Iman dan Taqwa “

 

Misi
  1. Peningkatan pembangunan infrastruktur wilayah mendukung pengembangan wilayah dan kawasan yang berwawasan lingkungan;

  2. Pemantapan iklim investasi yang kondusif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat; 

  3. Peningkatan kualitas sumberdaya manusia yang religius, cerdas dan berdaya saing dalam kerangka penguatan NKRI;

  4. Penguatan semangat kebersamaan antar-pelaku pembangunan dan sinergitas pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota yang selaras, serasi dan seimbang, dan;

  5. Peningkatan mutu dan kinerja pemerintahan daerah yang berwibawa menuju tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih

Pemerintahan Provinsi Banten bisa diibaratkan supir yang membawa nama besar Provinsi Banten, terlepas dari itu yang penting adalah bantenians dalam mendukung visi dan misi guna menjadikan Banten provinsi terkeren. Dengan bersatu maka segala rintangan dalam mewujudkannya akan terkalahkan oleh kesatuan yang padu, seperti genggaman tangan yang kuat dapat mengalahkan benda yang keras sekalipun.

Seperti itulah tiga aspek dalam mewujudkan Banten menjadi provinsi terkeren. Gelitikan bantenians sangatkan diharapkan oleh tanah sudut Pulau Jawa ini, mari berdedikasi dan berkontribusi bersama untuk Provinsi Banten tercinta!

Kalau bukan bantenians, siapa lagi yang mewujudkan cita-cita Provinsi Banten?
Kalau bukan sekarang, kapan lagi?
Kalau bukan di Provinsi Banten, dimana lagi?
Kalau bukan dengan bersatu, apa lagi?

Salam Bantenians


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WhatsApp Me