Sharing Session Dunia Kampus (SSDK) merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh organisasi yang bernama Karisma dari Institut Teknologi Bandung (ITB) yang targetnya pelaksanaanya ditunjukkan kepada remaja seluruh Indonesia dengan target khusus pelajar kelas 12 dan Gapyear namun tidak membatasi kepada para pelajar lainnya yang lebih muda dari itu untuk mengikuti kegiatan ini.

Berdasarkan hasil survei Indonesia Career Center Network pada tahun 2017 sebanyak 87% mahasiswa mengakui merasa salah jurusan dan sampai sekarang pun hal tersebut masih sering terjadi. Selain itu cukup maraknya remaja yang mengurungkan niat untuk berkuliah dikarenakan masalah ekonomi padahal sudah banyak beasiswa yang siap membiayai kuliah dan kehidupan mereka saat perkuliahan atau informasi keliru yang berkeliaran dimasyarakat yang tentunya itu akan menurunkan motivasi para remaja untuk berkuliah. Terlihat bahwa keduanya memiliki kesamaan yaitu terjadi dikarenakan kurangnya informasi. Oleh karena itu demi membantu mengatasi hal tersebut KARISMA ITB menyelenggarakan SSDK sebagai wadah bagi para remaja untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai dunia perkuliahan,selain itu akan diberikan motivasi motivasi dan penanaman nilai nilai islami dalam menjalani proses ikhtiar supaya menumbuhkan rasa percaya diri, dan keinginan yang kuat bagi para remaja untuk berkuliah.

Tujuan Sharing Session Dunia Kampus :
  • Membantu para remaja untuk mendapatkan informasi seputar dunia perkuliahan.
  • Meningkatkan semangat dan motivasi para remaja untuk berkuliah.
  • Menumbuhkan nilai nilai islam kepada para remaja didalam menjalani proses ikhtiar.
  • Membantu para remaja untuk tidak terbawa isu negatif mengenai dunia perkuliahan.

Kegiatan ini bukan pertama kalinya saya ikuti, sebagai alumni Pesantren Modern Daarul ‘Uluum Lido Bogor pun memiliki kegiatan yang serupa bernama Sharing Alumni Berbagi Inspirasi (SERAMBI) yang diisi oleh alumni dan kepanitiaanya diambil dari alumni yang baru lulus pada tahun tersebut.

Sebuah kehormatan sekali bisa bergabung dan memberikan pengalaman kepada siswa/i kelas 12 khsususnya yang ingin melanjutkan ke dunia perkuliahan melalui kegiatan SSDK ini. Awalnya, saya ditawari untuk menjadi pemateri oleh panitia yang bernama Rais Vaza, ditawari dengan 3 pilihan materi yang sekiranya berminat untuk disampaikan kepada peserta, yaitu :

  1. Sharing mengenai informasi beasiswa
  2. Sharing jalur masuk perguruan tinggi beserta prosesnya
  3. Sharing mengenai dunia perkuliahan dan jurusan

Semua dari 3 materi tersebut sangat menarik, pertama saya mengambil sharing mengenai informasi beasiswa nanti kalau ada kesempatan lagi mungkin bisa ikut sharing di materi yang lainnya. Saya mempersiapkan materi di power point untuk disajikan kepada peserta, berikut materinya di bawah ini.

Semangat dan antusias peserta dalam mengikuti diskusi ini sangat patut diajungkan jempol dari mulai sesi pemaparan yang khidmat didengarkan dan banyaknya pertanyaan yang diajukan saat sesi tanya jawab. Meskipun kondisi saat ini masih dihadapi dengan pandemi covid-19 sehingga tidak bisa bertatap muka langsung, akhirnya kami menggunakan Zoom Video Communications untuk tempat berdiskusinya.

Banyak harapan dari diselenggarakannya SSDK ini, diantaranya yaitu :

  • Peserta mengetahui informasi seputar persiapan dunia perkuliahan.
  • Peserta lebih menerima terhadap penyaringan isu dimasyarakatseputar dunia perkuliahan.
  • Peserta memiliki tujuan perkuliahan yang tidak didasari oleh faktor eksternal (tuntutan orang tua, ikut ikut teman, trend, dan hanya memandang prospek kerja secara tunggal)
  • Peserta menanamkan nilai-nilai islam dalam setiap proses ikhtiar mereka (seperti meminta doa kepada orang tua, melakukan istikhoroh untuk meminta petunjuk ketika dihadapkan dua pilihan atau lebih, melakukan amal amalan yang dapat menunjang percepatan terkabulnya doa dan mendapatkan hasil yang baik dari proses ikhtiar tersebut, serta bagaimana dalam menyikapi hasil ikhtiar)

 

View this post on Instagram

[UTBK Tahun Ajaran 2019/2020 Ditiadakan Karena Wabah Corona?] Semua berharap keadaan dapat membaik dalam waktu dekat sehingga UTBK tetap bisa diadakan, Aamiin. [Hehe] Assalamu'alaikum Sob, Semoga sehat selalu dan terus semangat meski harus #LearnfromHome sampai sekarang. Ngomong-ngomong, kalian yang sedang "kelas 12/gap year" sudah ngga sabar mau kuliah kan? So, walaupun keadaannya lagi ada wabah, semangatnya jangan sampai kendor sobat. Maka dari itu, Karisma ITB mengajak sobat untuk bergabung dengan program kami "SSDK" atau "Sharing Session Dunia Kampus". Wah bakalan seru lo sobat, nanti akan banyak hal yang didapatkan dari pemateri pemateri kece dan bakal jadi booster untuk sobat agar lebih semangat lagi buat kuliah. Perlu dicatat acaranya GRATIS! Woooww. Syarat pendaftarannya pun juga tidak ribet, tinggal isi form yang diberikan. Link pendaftaran Bit.ly/SSDK2020 Bit.ly/SSDK2020 Bit.ly/SSDK2020 Bit.ly/SSDK2020 Jangan sampai kelewat nih sob karena kuotanya terbatas, maka siapa cepat dia dapat. Oiya, dalam acara SSDK ini kalian bakal dibina bareng-bareng untuk menyiapkan apa saja yang perlu dilakukan sebelum masuk dunia kampus, sehingga tidak ada lagi deh yang namanya "culture shock" atau sejenisnya dan kita bakal lebih cepat beradaptasi dan lebih cepat meraih prestasi, Yey. So jangan lewatkan ya sobat. Sekian terima kasih. Wassalamu'alaikum Sob, #Wednesday #Kuliah #MasukKampus #Favorit #UTBK #Resolusi #2020 #wabah #Covid-19 #Corona #StayatHome #DirumahAja #Kampus #Impian #Inovasi #Kreasi #SobatKarisma #KarismaMozaik #KLC #Bandung #Jabar #Ikhtiar #Doa #Prestasi #BelajardiRumah #KuliahOnline #UntilDrop

A post shared by KARISMA ITB OFFICIAL ACCOUNT (@sobatkarisma) on


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *