Generasi milenial merupakan generasi penerus bangsa yang lahir sekitar tahun 1980 – 2000, generasi ini tumbuh diiringi dengan berkembangnya teknologi yang pesat saat ini, jika anda merupakan generasi milenial maka lanjutkan membaca artikel ini agar saya bantu rangkul ke dunia yang saat ini perlu perhatian penting.

Oh iya, tentu anda bertanya dunia apa sih yang dimaksud? Baiklah, perlahan saya mengarahkan anda mengenal dunia koperasi yang memiliki kontribusi penting kepada kesejahteraan bangsa.

Koperasi merupakan suatu badan perekonomian yang berlandaskan pancasila, berazaskan kekeluargaan, gotong-royong, kerjasama dan saling tolong-menolong serta bertujuan untuk mensejahterakan ekonomi masyarakat. Salah satu usaha yang dilakukan koperasi adalah dengan cara memberikan bantuan kepada masyarakat khususnya anggota, berupa dana pinjaman atau kredit. Kredit ini diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan khususnya anggota untuk mengembangkan potensi dalam kelancaran usahanya dengan memberikan bantuan pembiayaan berupa modal, koperasi berusaha mengarahkan dan meningkatkan masyarakat kepada kesejahteraan hidupnya.

Kapan terakhir generasi milenial mengunjungi koperasi? Mungkin mayoritas ketika di sekolah dulu, karena sekolah memiliki koperasi yang menyediakan peralatan sekolah hingga buku LKS. Saat ini, koperasi sudah asing terdengar di telinga kita, tertutup dengan penyedia jasa pinjaman yang lainnya padahal koperasi adalah salah satu badan perekonomian yang membantu memperkokoh ekonomi nasional dan mensejahterakan anggota yang ada di dalamnya.

Di Indonesia koperasi sangat dihormati kehadirannya hingga memiliki hari Koperasi Nasional yang bertepatan pada tanggal 12 Juli, ini merupakan bukti bahwa koperasi memiliki dampak positif untuk bangsa dari berbagai aspek yang diberikan oleh koperasi. Generasi milenial seyogyanya bisa masuk ke dalam lingkup koperasi, membangun koperasi dengan ide terkini sehingga dapat memberikan kontribusi nyata kepada bangsa Indonesia melalui dunia koperasi.

Ada 3 kontribusi nyata yang diberikan koperasi kepada masyarakat dan bangsa Indonesia :
  1. Menjunjung tinggi kesejahteraan anggota dan masyarakat
    Koperasi dapat mensejahterakan dalam skala kecil maupun besar, mengapa demikian? Karena keuntungan koperasi akan kembali kepada anggota dan masyarakat, ada istilah sebagai berikut : Dari anggota dan masyarakat, oleh anggota dan masyarakat, dan untuk anggota dan masyarakat.
  2. Meningkatkan kualitas kehidupan
    Dunia koperasi dapat memberikan pengajaran tersendiri pada kualitas kehidupan, dengan beroperasi di dalamnya pun kita dituntun untuk melayani masyarakat yang membutuhkan hadirnya koperasi.
  3. Menguatkan perekonomian bangsa Indonesia
    Hal ini merupakan kontribusi terpenting bagi koperasi, tujuan utama mengimplementasikan langsung kepada bangsa Indonesia. Hadirnya koperasi tidak sedikit membantu perekonomian bangsa Indonesia seperti meningkatkan produksi global dan meluaskan pasar untuk dalam negeri.

Oleh karena kontribusi yang nyata dari koperasi ini maka pantas generasi milenial sebagai generasi yang memadukan antara teknologi untuk mewujudkan koperasi zaman now. Upgrade segala hal yang memang diperlukan untuk mewujudkannya, zaman sekarang sudah serba digital maka pantas koperasi digital pun hadir di masyarakat Indonesia. Saya yakin jika koperasi dan generasi milenial dapat bersinergi bersama mewujudkan koperasi yang lebih baik lagi!

 

#PRAJA2019 #anugerahMISGroup #koperasi #wirausaha


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

WhatsApp WhatsApp Me