Para ahli otak mengatakan bahwasannya otak manusia memiliki lebih dari 100 miliar sel saraf. Pada setiap sel terdapat 20.000 dendrit. Dengan jumlah sel sebanyak ini, maka manusia mampu menyimpan jutaan byte informasi dalam otaknya.

Prof. Isaac Asimov seorang ahli otak terkenal mengatakan kapasitas memori otak manusia mencapai 10 pangkat 800 sedangkan jumlah atom di jagad raya ini hanya 10 pangkat 100.

Itu artinya otak manusia lebih luas dan kompleks dibandingkan dengan jagad raya. Hal ini menunjukkan betapa dahsyatnya kemampuan otak kita.

Well, mampukah kita menghafal Alquran 30 juz hanya dalam 40 hari? Jawabannya adalah tentu mampu!

Berikut metode menghafal Alquran 30 juz dalam waktu 40 hari menurut Ustadz Dr. Faisal :
  1. Memiliki Target yang Jelas
    Total waktu menghafal adalah 15 jam sehari 1 jam = 1 lembar 10 jam = 1- lembar = 1 juz 1 halaman ada 15 baris, 1 lembar berarti 30 baris. dibagi 60 menit. berarti 1 baris harus selesai dalam 2 menit. insya allah 1 jam = 1 lembar.
  2. Gunakan Semua Panca Indra, Pahami Ayat yang Dihafal
    Pada umumnya, kita akan mengingat:
    20% dari yang kita baca
    30% dari yang kita dengar
    40% dari yang kita lihat
    50% dari yang kita ucapkan
    60% dari yang kita kerjakan
    90% dari yang kita lihat, dengar, ucapkan, dan kerjakan
  3. Fokus dan Konsentrasi
    Fokus berarti memusatkan perhatian kepada satu titik, dalam hal ini harus dilakukan bersanding dengan konsentrasi agar ayat demi ayat yang ingin kita hafal bisa lebih cepat untuk dicerna oleh otak.
  4. Membentuk Kebiasaan Baru
    Steven Covey dalam buku seven habits mengatakan bahwa kita hanya butuh waktu 21 hari saja untuk membentuk kebiasaan baru.
  5. Bersaing Dalam Kebaikan
    Bukan hanya satu atau dua orang yang ingin melalukan hal ini, tetapi ribuan bahkan hingga jutaan manusia ingin bisa menghafal Alquran dengan cepat. So, jangan kalah untuk bersaing dengan yang lain!
  6. Keluar dari Zona Nyaman
    Segala hal yang membuat kamu merasa nyaman dan hal itu membuat kamu menghambat dalam menghafal Alquran, maka kamu harus keluar dari zona nyaman tersebut. Seperti, kamu sering tidur maka sedikitkanlah waktu tidurmu untuk melakukan menghafal Alquran.
Ada hal yang terpenting dari metode tersebut yaitu, kangan lupa untuk senantiasa yakin bahwa tidak ada yang mustahil bagi Allah SWT

 

30 Juz Dalam 40 Hari 

 

Yuk nonton kanal youtube Angga Winata, jangan lupa di subscribe ya!

Media Sosial Angga Winata :

  1. Facebook, klik disini.
  2. Instagram, klik disini.
  3. Youtube, klik disini.

 

#MetodeMenghafalAlquran30Juz
#MetodeMenghafalAlquranSelama40Hari


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

WhatsApp chat WhatsApp Me