Orientasi merupakan tinjauan untuk menentukan sesuatu, dalam hal ini orientasi yang ditunjukan adalah kepada pengelanan Mahasiswa Baru Ilmu Al-Quran dan Tafsir. Orientasi ini menjadi dasar pemikiran dan perhatian untuk dapat menentukan arah tujuan. Setelah melewati rangkaian pengenalan dari lingkup Universitas dan Fakultas, maka perlu dikerucutkan kembali kepada lingkup jurusan.

Segenap panitia yang sudah disahkan pada Surat Keputusan oleh Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir sebelum liburan semester genap tahun 2018/2019 ini tergabung dari pengurus himpunan dan delegasi setiap kelas yang ingin berkontribusi bersama pada agenda OPAB 2019 – Metamorf XII. Segala persiapan demi persiapan seperti membahas konsep hingga eksekusi kami lalui bersama.

Hingga pada akhirnya, Pra-Osjur diselenggarakan dengan metode mentoring yang dibagi ke dalam 15 kelompok. Mentoring dijadwalkan 3x bersama-sama dan 2x perkelompok, Bagian Acara membuat silabus mentoring sebagai berikut :

  1. BAB I – Pengenalan pementor dan peserta, Mengetahui nama-nama birokrat jurusan.
  2. BAB II – Pengantar OPAB 2019 (Tujuan, Feedback, dll)
  3. BAB III – Share to share perkuliahan

Pada tanggal 20 – 22 September 2019 diselenggarakan masa Orientasi Pengenalan Anggota Baru (OPAB) 2019 yang bertempatan di Aula Kopertais dan Vila Griya Krida Sekesalam. Setiap kelompok telah mempersiapkan barang yang dibagi menjadi 2 kategori yaitu individu dan kelompok serta ada beberapa hal yang perlu diketahui seperti,

  1. Biografi Nama Kelompok
  2. Mengetahui isu terkini tentang Ilmu Al-Quran dan Tafsir
  3. Mengetahui tentang urgensi Ilmu Al-Quran dan Tafsir terhadap tanggung jawab sosial
  4. Mempersiapkan pentas seni perkelompok

Kegiatan dimulai pada pukul 07.00 WIB di depan Fakultas Ushuluddin, peserta berbaris rapih sambil melantunkan jargon dan iyel-iyel OPAB 2019. Pada OPAB 2019 ini terdapat 6 materi yang disampaikan kepada peserta, yaitu :

  1. Kejurusan/KeIATan oleh Dr. Ali Masrur, M.Ag
  2. Sitem Perkuliahan oleh Maulana Hasan Mu’dis, M.Kom
  3. Mahasiswa dan Jati Diri Kepemudaan oleh Hendra Guntara, S.HUM., M.Ud
  4. Mahasiswa dan Tanggung Jawab Sosial oleh Dr. Roni Nugraha, M.Ag
  5. Persidangan oleh Raufy Hamdennirieza
  6. Motivasi oleh Dr. Dadang Darmawan, M.Ag

Setiap peserta diwajibkan untuk mencatat setiap poin penting dari materi yang disampaikan, karena nanti ada waktu untuk mereview kembali semua materi yang sudah disampaikan. Ada hal yang berbeda pada OPAB 2019 daripada tahun-tahun sebelumnya, salah satunya adalah kami bekerjasama dengan tim supporter Ilmu Al-Quran dan Tafsir, yaitu Barudak Hermeneutik.

Ada sesi pengenalan bagi orang-orang yang bergabung ke dalam Barudak Hermeneutik hingga ada pos khusus ketika jurit malam untuk lebih dapat memperkenalkan kepada seluruh peserta OPAB 2019. Ending dari jurit malam adalah api unggun, panitia dan peserta bernyanyi bersama dengan melantunkan lagu Padamu Tafsir.

Dari sekian banyak manfaat diselenggarakannya OPAB 2019 ini yang terpenting adalah pemilihan ketua angkatan dan pembentukan nama angkatan. Alhamdulillah Muhammad Mukhtar Alif terpilih menjadi ketua angkatan Ilmu Al-Quran dan Tafsir 2019 dan nama angkatan yang disahkan dalam sidang adalah Simfoni Gerakan Angkatan Ilmu Al-Quran Intelektual yang disingkat menjadi Sigaret.

OPAB 2019 pun menjadi kegiatan pengenalan jurusan kepada mahasiswa baru yang terakhir saya ikuti menjadi bagian dari kepanitiaan, 2 tahun berturut menjadi bagian acara pada tahun 2018 dan 2019. Semoga dedikasi yang sudah diberikan berdampak kebaikan dan kesuksesan di masa yang akan datang.

 


Download rundown OPAB 2019


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

WhatsApp WhatsApp Me