Djarum Beasiswa Plus merupakah salah satu beasiswa yang menjadi daftar beasiswa yang harus saya ikuti, karena beasiswa ini hanya bisa diikuti oleh mahasiswa/i aktif di semester 4 sehingga dari awal perkuliahan menunggu masa yang tepat untuk mendaftar sambil mempersiapkan berkas yang dibutuhkan.

Mesikpun saya sudah menjadi penerima Beasiswa Unggulan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tapi rasa ingin mencoba pun tetap ada untuk sekadar pengalaman. Bagi anda yang belum membaca pengalaman saya mengikuti tes Beasiswa Unggulan, klik di sini ya! 

Pada tahun 2019 ini saya mendaftar menjadi calon penerima Djarum beasiswa Plus, step by stepnya saya ikuti mulai dari pendaftaran yang tentu tidak mudah, berikut saya bagikan berkas dan persiapan apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftar Djarum Beasiswa Plus.

Syarat Pendaftar Djarum Beasiswa Plus
  1. Sedang menempuh pendidikan Strata 1/Diploma 4 di semester IV, dari semua disiplin ilmu,
  2. IPK minimum 3.00 pada semester III, serta dapat mempertahankan IPK minimum 3.00 hingga akhir semester IV,
  3. Aktif mengikuti kegiatan organisasi baik di dalam maupun di luar kampus,
  4. Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain.
Syarat Administratif
  1. Bukti print/cetak PDF dari form pendaftaran online,
  2. Satu lembar pas foto ukuran 4 x 6 cm berwarna, memakai jas almamater,
  3. Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa,
  4. Transkrip Nilai sampai dengan semester III, yang telah dilegalisir otoritas kampus,
  5. Salinan Surat Keterangan/sertifikat aktif berorganisasi dan atau sertifikat prestasi yang diikuti/dimiliki,
  6. Surat keterangan dari kampus (Rektorat) bahwa tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain.

Bagi anda yang ingin mendaftar Djarum Beasiswa Plus persiapkan sebaik dan selengkap mungkin, jangan sampai ada yang terlewatkan ya!

Pendaftaran akun Djarum beasiswa Plus

Setelah berkas disiapkan maka dikirim ke alamat yang ditentukan oleh pihak pemberi beasiswa. Sekian lama menunggu hasil pengumuman alhamdulillah saya dinyatakan lulus tahap seleksi berkas dan bisa mengikuti ke tahap berikutnya yaitu tes tulis.

Hasil Pengumuman Tahap Seleksi Berkas

Tentu penasaran dong bagaiamana sih tes tulis yang diselenggarakan oleh Djarum Beasiswa Plus untuk calon penerima beasiswa atau yang akrab disebut calon beswan, berikut saya berikan gambaran mengenai tes tulis saat itu. Jenis tes tulisnya sebagai berikut :

  1. Tes menjawab soal-soal
  2. Wartegg Test
  3. Draw a Man Test
  4. Draw a Tree Test

Pada tahap ini kita diberikan soal-soal mengenai matematika dasar, aritmatika, pengetahuan umum, verbal, logika, bahasa, dll. Ya seperti soal TPA pada umumnya, yang membedakan waktunya sangat-sangat mepet sekali, jadi jangan terlalu banyak mikir dan terpaku di satu soal. Harus gercep! Jangan lupa juga sebisanya menjawab semua soal karena tidak adanya sistem minus.

Setelah selesai tes TPA, selanjutnya adalah tes psikotest, yaitu WARTEGG TEST, draw a man and tree test. Pada WARTEGG TEST saya disuruh menggambar sesuatu di 8 kotak yang telah berisi beberapa simbol atau coretan disana. Tugas kita menyambung coretan tersebut menjadi sebuah gambar. Kalian bisa searching di google untuk yang masih bingung dengan gambarnya. Saran saya gambarlah yang berbeda dari gambar yang telah ada di internet pada umumnya. Be different!. Setelah itu saya disuruh untuk memberi tanda gambar mana yang saya buat pertama, kemudian kedua, dan seterusnya serta memilih gambar mana yang saya sukai, tidak sukai, yang susah dan yang mudah. Gambarlah secara acak, jangan berurutan, kalian akan terlihat kaku sekali jika menggambar sesuai urutan kotak.

Pada tahap Draw a Man Test, saya disuruh untuk menggambar seseorang dan membuat cerita yang singkat tentang apa yang saya gambar. Karena background saya dari Petroleum Engineering, saya menggambar seorang Production Engineer yang sedang memeriksa separator dengan kertas ditangannya. Gambarlah seseorang yang sedang beraktivitas (presentasi, berolahraga, menyapu, dll) dan dengan anggota tubuh yang lengkap.

Pada tahap Draw a Tree Test, saya disuruh untuk menggambar pohon. Gambarlah pohon lengkap dengan bagian-bagiannya (daun, akar, batang, ranting, buah (jika ada), dll). Saya menggambar pohon mangga waktu itu, dengan daun yang saya gambar satu-satu, jadi waktu saya habis karena menggambar daun satu persatu, tetapi hasilnya terlihat lebih bagus dan detail. Intinya manfaatkan waktu sebaik-baiknya. Cepat tetapi hasilnya bagus.

Tahap tes tulis pun selesai, menunggu hasil pengumuman yang langsung diumumkan pada hari tersebut. Tetapi, qodarullah Allah belum mengizinkan saya untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Setelah pengumuman selesai maka yang behasil lulus ke tahap selanjutnya bisa mengikuti tes selanjutnya yaitu Group Assesment Test.

Setelah selesai maka ada pertemuan selanjutnya yaitu untuk tahap interview dan pengumuman calon beswan diumumkan via online melalui akun yang sudah terdaftar.

Mau lulus seleksi beasiswa? Wajib baca ini!


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

WhatsApp WhatsApp Me