Beasiswa Juara merupakan program yang diselenggarakan oleh Kompas dan Avian Brands untuk membangkitkan motivasi mahasiswa agar menjadi generasi muda bangsa berkualitas, berprestasi, dan berguna bagi bangsa. Beasiswa ini pula menjadi daftar dari berbagai beasiswa yang tersedia yang harus saya ikuti, beasiswa ini bisa diikuti dengan minimal duduk di bangku kuliah semester III.

Beasiswa Juara tidak hanya memberikan dana tunjangan kuliah tetapi memberikan dukungan dalam bentuk dana, program ini juga memberikan pengembangan potensi diri melalui pelatihan ketrampilan agar semakin memperkaya softskill maupun hardskill guna mempersiapkan mereka menjadi generasi hebat. Pengembangan potensi diri melalui pelatihan ketrampilan seperti workshop yang dipimpin oleh profesional. Dengan mendukung pengembangan akademik dan softskill tentu dapat mempersiapkan para penerima beasiswa menjadi calon pemimpin bangsa berkualitas kedepannya. 

Hal tersebut yang membuat saya tertarik untuk mendaftar, pada kesempatan ini saya mendaftar di batch III dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut :

  • Merupakan mahasiswa S1 di perguruan tinggi negeri/swasta
  • Sedang menempuh Tingkat Pendidikan Strata 1 (S1) minimal semester III dan memiliki IPK minimum 3.0 saat mendaftar
  • Mempertahankan IPK minimum 3.0 selama dalam periode menerima beasiswa (diinformasikan setelah diterima/lulus seleksi)
  • Aktif mengikuti kegiatan organisasi baik di dalam maupun di luar kampus
  • Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain
  • Berkomitmen untuk menyelesaikan studi di Perguruan Tinggi yang sedang ditempuh
  • Mengisi form pendaftaran secara online dengan jujur dan memenuhi syarat administrasi

Setelah mengetahui syarat dan ketentuannya, maka proses selanjutnya adalah mempersiapkan berkas administrasi. Tentu ini bukan hal yang mudah, karena setiap penyedia beasiswa memiliki ketentuannya masing-masing.

Berkas Administrasi
  • Mengisi form pendaftaran online
  • Upload Pas foto berwarna dengan jaket almamater
  • Upload transkrip nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) terakhir yang telah dilegalisir
  • Upload surat/sertifikat keterangan aktif berorganisasi
  • Upload surat pengantar/rekomendasi dari kampus untuk menerima beasiswa
  • Upload surat keterangan resmi dari kampus bahwa tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain

Setelah mempersiapkan berkas maka saya melakukan tahap pertama, yaitu membuat akun untuk pendaftaran online. Harus diperhatikan segala pertanyaan yang diajukan pada form pendaftaran online harus diisi dengan jujur.

Perhatikan nomor registrasi yang ada di gambar, catat kalau bisa hafalkan nomornya karena panitia Beasiswa Juara akan menggunakan nomor tersebut untuk keperluan pengumuman dan yang lainnya. Setelah mengisi form pendaftaran maka tinggal menunggu hasil proses penyeleksian dan bagi yang lulus akan mendapatkan undangan tes online untuk tahap selanjutnya.

Pada tes online perhatikan akun yang dikirim oleh panitia ke email untuk mengikuti tes online, biasanya menggunakan email masing-masing dan passwordnya adalah nomor registrasi. Selain itu, waktu tesnya pun ditentukan jadi anda tidak bisa login selain waktu yang sudah ditentukan.

Halaman login untuk Tes Online

Ada 3 pembahasan pada tes online :
  1. Soal Matematika
  2. Soal Logika
  3. Soal Umum

Setiap pembahasan diberi waktu yang berbeda dalam mengerjakannya, soalnya berbentu pilihan ganda maka pastikan semua soal dikerjakan dengan baik. Setelah selesai, maka tinggal menunggu pengumuman deh. Beasiswa Juara memberikan deadline proses dari awal pendaftaran sampai pengumuman jadi tidak perlu khawatir kapan diumumkannya, tinggal cek waktu yang sudah ditentukan deh.

Qodarullah, pada Beasiswa Juara ini saya tidak lulus. Senang sekali bisa mengikuti tahapan Beasiswa Juara ini, apalagi kalau lulus, karena seperti yang sudah saya sampaikan beasiswa ini tidak hanya memberikan dana tunjangan kuliah melainkan pelatihan softskill maupun hardskill kepada penerima Beasiswa Juara.

Alhamdulillah, saat ini saya mendapatkan 2 beasiswa yaitu :

  1. Beasiswa Unggulan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  2. Beasiswa Jabar Future Leaders dari Pemerintahan Provinsi Jawa Barat

Semoga yang sedang berjuang mendapatkan beasiswa dapat dimudahkan oleh Allah, semangat!

Mau lulus seleksi beasiswa? Wajib baca ini!


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

WhatsApp WhatsApp Me