Sebelum membahas rekomendasi aplikasi mengenai video telekonferensi, kita sudah mengetahui bersama tentang informasi keamanan aplikasi zoom yang sedang beredar saat ini. Saya pun sudah menuliskan Sorotan Berbahaya Zoom Video Communication, bagi yang belum membaca bisa klik di sini.

Pada tulisan sebelumnya saya membahas mengenai sorotan berbahaya aplikasi zoom, cara tutup akun permanen dan jika memang ingin tetap menggunakan aplikasi tersebut ada langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam penggunaanya. Sebagai bentuk kehati-hatian dalam berteknologi, ditulisan tersebut pun saya berpesan agar secerdas mungkin memfilter aplikasi yang menunjang kehidupan sehari-hari.

Pada tulisan ini masih berkenaan dengan video telekonferensi, apakah sudah tau apa itu video telekonferensi?

Video telekonferensi adalah pertemuan berbasis eletronik secara langsung antara dua atau lebih partisipan dengan sistem telekomunikasi.

Masa pandei covid-19 ini menjadikan kita lebih akran dengan aplikasi yang berbasi video telekonferensi, dengan diberlakukannya Work Form Home yang intinya semua kegiatan sehari-hari dikerjakan dari rumah, mulai dari pekerjaan kantoran hinggan pekerjaan sekolah pun semua dikerjakan di rumah.

Saya ingin menyebutkan aplikasi berbasis video telekonferensi terlebih dahulu, sebelum nantinya saya memberikan rekomendasi aplikasinya, ada 10 aplikasi video telekonferensi :

  1. Facetime (untuk pengguna ios)
  2. Woodsat
  3. Skype
  4. Marcopolo
  5. Facebook masenger
  6. Zoom meeting
  7. Microsoft Teams
  8. House party
  9. Google hangouts meet
  10. Amazon chime

Badan Siber dan Sandi Negara sudah mengeluarkan imbauan keamanan pemanfaatan aplikasi telekonferensi, bagi yang ingin mengetahuinya bisa klik di bawah ini.

Dari 10 aplikasi yang sudah saya sebutkan di atas, saya merekomendasikan satu aplikasi yang sebaiknya anda gunakan, yaitu Google Hangouts Meet. Google Hangouts adalah sebuah platform komunikasi yang dikembangkan oleh Google yang termasuk perpesanan instan, percakapan video, SMS dan fitur VOIP.

Keunggulan Google Hangouts Meet

Penciptaan dan pembaruan Google Meet yang jauh lebih menarik dan menawarkan fitur – fitur terbaik dibandingkan dari pendahulunya Google Hangouts klasik, inilah keunggulan yang ditawarkan Google Meet :

  • Membantu para user/pengguna untuk tetap melakukan rapat dimana saja mereka berada dengan menggunakan video call.
  • Interface atau antarmuka yang unik dan fungsional dengan ukuran ringan serta cepat, mengedepankan pengelolaan yang efisien, mudah guna (user friendly) yang dapat diikuti semua pesertanya.
  • Pengguna dapat mengundang peserta rapat dan berbagi fitur.

Google Hangouts Meet ini pada mulanya didesain untuk para akun google yang berbasis G-Suite, Google Suite adalah paket layanan berbasis cloud yang dapat menyediakan cara baru untuk bekerja sama secara online bagi perusahaan atau sekolah. Jadi berbeda dengan akun google pada umumnya, perbedaannya bisa dilihat dari nama surel, biasanya …@gmail.com tetapi jika menggunakan berbasis G-Suite …@namadomain.com.

Dengan kondisi pandemi covid-19 Google Hangouts Meet menggratiskan layanannya sampai bulan Juli, ini salah satu agar menunjang diberlakukannya WFH oleh pemerintah Indonesia. Dalam penggunaan video telekonferensi harus ada minimal satu user yang menggunakan akun google berbasi G-Suite, karena hanya dengan jenis akun tersebut dapat membuat ruang meeting, dan jenis akun google biasa hanya bisa ikut/join ke dalam ruang tersebut.


Akun G-Suite bisa bergabung dan mulai rapat (membuat ruang meeting)


Akun Google biasa hanya bisa bergabung

Bagi kalian yang ingin membeli paket G-Suite, ada 3 jenis paket yang bisa anda pilih :

  1. Paket Basic dengan harga 4.20$
  2. Paket Business dengan harga 9.6$
  3. Paket Enterprise dengan harga 25$

Google Hangouts Meet bisa digunakan di laptop ataupun smartphone kesayangan anda. Pengguna user bisa bergabung sampai dengan 250 per-panggilan. Penggunaanya pun tidak berbeda jauh dengan aplikasi zoom, bisa share screen, bisa atur audio dan video, dll. Mengenai harga paket di atas adalah biaya perbulan, tentu menjadi mahal jika tiap bulannya ada pengeluaran biaya untuk akun G-Suite.

Video telekonferensi memang sangat kita butuhkan saat ini agar tetap berjalan kegiatan meskipun beraktivitas dari rumah. Oleh karena itu, saya ingin membantu anda untuk memiliki akun G-Suite dengan harga murah dan cukup sekali bayar. Dengan harga Rp. 35.000 sudah bisa anda miliki satu akun G-Suite dengan berbagai keunggulannya, hubungi saya via whatsapp untuk detail lanjutnya dan keunggulan akun G-Suite lainnya.


1 Komentar

Keluarga Maheswara · April 25, 2020 pada 10:19 am

Kalau cisco webex gimana gan ?
Rekomen gk ya ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *