Roadshow asuransi syariah merupakan program yang diselenggarakan oleh Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), pada hari Sabtu, 2 November 2019 kegiatan ini berkesempatan diselenggarakan di Jawa Barat tepatnya di Hotel Narapati Syariah. Klik di sini untuk melihatnya di Google Maps.

Talkshow Asuransi Syariah yang bertemakan Hidup Penuh Berkah dengan Asuransi Syariah ini memiliki 3 pembahasan dengan masing-masing narasumber yang berbeda, yaitu :

  1. Muhammad Syakir Sula
  2. Desandi Kurniawan
  3. Novianto Utomo

Salah satu materi yang disampaikan pada Talkshow Asuransi Syariah ini adalah mengenai strategi untuk mendukung pertumbungan asuransi syariah di Indonesia, yaitu :

  1. Mendorong pemisahan unit usaha syariah (Spin Off) dalam 6 tahun ke depan
  2. Melaksanakan roadmap IKNB Syariah dalam rangka pengembangan asuransi syariah
  3. Melakukan sosialisasi mengenai asuransi syariah secara terus menerus kepada berbagai lapisan masyarakat
  4. Melakukan penguatan industrasi melalui peningkatan pengawasan

Hal yang fundamental dan perlu diperhatikan pada asuransi diantaranya adalah polis, premi dan klaim. Apakah anda tau tentang istilah tersebut? Jika belum, lanjutkan bacanya ya!

Polis Asuransi adalah kontrak tertulis antara perusahaan asuransi (penanggung) dan nasabah (tertanggung) yang berisi pengalihan risiko dan syarat-syarat berlaku (jumlah uang pertanggungan, jenis risiko yang ditanggung, jangka waktu dan lain sebagainya).

Premi Asuransi adalah Nominal pembayaran yang disetujui oleh pemegang polis dan perusahaan asuransi. Pembayaran premi akan dilaksanakan sesuai dengan perjanjian, bisa bulanan, tahunan atau sesuai kesepakatan.

Klaim Asuransi adalah Tuntutan yang diberikan pihak pemegang polis asuransi untuk mendapatkan hak dengan semestinya agar pihak asuransi membayarkan kondisi sesuai prosedur yang ada.

Dalam Asuransi Syariah tentu memiliki peluang yang bisa didapatkan oleh nasabah asuransi syariah tetapi memiliki pula tantangan tersendiri di dalamnya, berikut diantara peluang dan tantangan asuransi syariah :

Peluang Asuransi Syariah
  1. Potensi besar
  2. Gaya hidup islami meningkat
  3. Minat keuangan syariah sangat besar
  4. Tidak hanya untuk muslim
Tantangan Asuransi Syariah
  1. Literasi asuransi rendah terlebih asuransi syariah
  2. Inovasi produk syariah
  3. Infrastruktur untuk tumbuh lebih cepat
  4. Sinergi dengan industri syariah
Keuntungan Nasabah Asuransi Syariah
  1. Dana asuransi yang dibayarkan tidak pernah hangus (bisa dipergunakan untuk zakat, infaq, shodaqoh jika dana asuransi tidak dipakai)
  2. Asuransi sekaligus investasi
  3. Semua nasabah harus merasakan untung
  4. Diawasi oleh dewan pengawas syariah
  5. Berprinsip gotong royong
Materi Roadshow Asuransi Syariah


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

WhatsApp WhatsApp Me