Anda penerima beasiswa unggulan? Jika iya, maka lanjutkan bacanya untuk mengetahui informasi seputar sebab dana beasiswa unggulan 2020 anda belum cair hingga saat ini. Tapi, jika anda bukan penerima beasiswa unggulan, coba anda baca tulisan saya mengenai langkah mendapatkan beasiswa unggulan, klik di sini.

Setiap penerima beasiswa unggulan (selanjutnya disebut mahasiswa) pasti sudah melaksanakan penandatanganan kontrak dengan pihak penyelenggara beasiswa unggulan, dan di dalam isi kontrak sudah dijelaskan mengenai sistematika pencariran dana beasiswa, mulai dari tahap pelaporan hingga akhirnya dana ditransfer ke rekening yang sudah didaftarkan di akun beasiswa unggulan.



Download Kontrak Beasiswa Unggulan

Singkatnya seperti ini, dana beasiswa akan diberikan kepada mahasiswa ketika mahasiswa sudah melaporkan 2 hal, yaitu bukti pembayaran uang kuliah dan kartu hasil studi. Hal ini diperuntukkan untuk tahap awal dan tahap tengah pencairan, untuk tahap akhir pencairan mahasiswa harus melaporkan ijazah/SKL, transkrip nilai dan tugas akhir yaitu skripsi/tesis/disertasi.

Setelah tahap pelaporan selesai mahasiswa tinggal menunggu pencairan dana, seharusnya pencairan dana beasiswa berlangsung selama 4 minggu lebih 5 hari. Untuk lebih detailnya bisa lihat gambar di bawah ini.

Melihat mekanisme pelaporan di atas, muncul pertanyaan “Berapa waktu yang dibutuhkan dari pelaporan mahasiswa menuju validasi data oleh Tim PIC BU?” tidak ada keterangan yang pasti mengenai hal tersebut. Inilah yang menyebabkan pencairan tidak menentunya dana beasiswa cair, ada yang sudah laporan lama tapi belum masuk ke tahap validasi, tapi ada juga yang belum lama laporan tapi sudah masuk ke tahap validasi.

Mahasiswa pun akhirnya mengeluh dengan lambatnya pencairan dana beasiswa unggulan tahun 2020 ini, biasanya di awal tahun dana beasiswa sudah masuk ke rekening penerima beasiswa unggulan. Tetapi, sampai ditulisnya tentang sebab dana beasiswa unggulan tahun 2020 belum cair ini masih banyak yang belum cair apalagi masuk ke tahapan validasi, termasuk saya.

Pertanyaan dan keluhan selalu ditanyakan melalui surel beasiswa.unggulan@kemdikbud.go.id kepada pihak beasiswa unggulan, dan setiap balasan yang diterima intinya adalah mohon untuk bersabar karena sedang diproses. Di grup telegram regional pun saling melemparkan keluhan satu sama lain dan saling pula menguatkan, itulah keadaan yang terjadi sambil menunggu informasi terkini dari pihak beasiswa unggulan.

Akhirnya, pihak penyelenggara menginformasikan kepada penerima beasiswa unggulan sebab keterlambatan pencairan dana beasiswa unggulan tahun 2020. Berikut alasannya,

Pada tahun 2020 ini dalam kemendikbud sedang mengalami proses pengalihan termasuk Program Beasiswa Unggulan yang semula berada pada pengelolaan Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri, Sekretariat Jenderal Kemendikbud berpindah pengelolaannya ke Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan, Sekretariat Jenderal, Kemendikbud. 

Dari informasi tersebut pihak beasiswa unggulan menambahkan bahwa “tim beasiswa unggulan tetap melaksanakan tugas untuk melakukan analisa laporan akademik dan laporan keuangan yang sudah diterima melalui akun report penerima Program Beasiswa Unggulan. Namun, dalam proses pengalihan ini hasil yang sudah dianalisa belum dapat dilanjutkan ke proses pencairan dana Beasiswa Unggulan.”

Beberapa mahasiswa cukup puas dengan informasi yang sudah disampaikan oleh pihak beasiswa unggulan, tetapi yang disayangkan adalah lambatnya informasi ini disampaikan ke penerima beasiswa unggulan. Andaikan di dalam kontrak beasiswa unggulan terdapat kesepakatan jika pihak beasiswa unggulan lambat dalam mencairkan dana, akan ada penambahan dana yang diberikan untuk penerima beasiswa unggulan, mungkin mahasiswa bisa tersenyum lebar.

Mulanya mahasiswa beramsumsi bahwa keterlambatan ini disebabkan oleh pandemi covid-19, tapi pihak beasiswa unggulan membantah tidak ada hubungannya dengan kondisi yang sedang terjadi di Indonesia ini. Baiklah, semoga pengalihan tanggung jawab beasiswa unggulan yang sudah disampaikan bisa segera selesai dan bisa dilanjutkan tahap proses pencairan dana penerima beasiswa unggulan secapatnya. Saya yakin, pihak beasiswa unggulan pun tidak tinggal diam dengan kondisi yang sudah mengalami keterlambatan ini. Semangat untuk semuanya, semangat pula Indonesiaku, semoga segera berlalu pandemi covid-19.



Download Kontrak Beasiswa Unggulan


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *