Sikap fundamental merupakan sikap paling dasar yang harus dimiliki oleh seseorang, pada hal ini sikap fundamental tertuju pada volunteer. Sikap ini yang biasanya para penyelenggara mencari dan menyeleksi calon volunteer yang mendaftar, karena menjadi volunteer tidaklah mudah tetapi ketika judah menjadi volunteer maka banyak sekali manfaat yang dirasakan. Berikut 6 sikap fundamental bagi volunteer :

1. SUKARELA
Semua pihak yang terlibat mengikuti kegiatan ini dengan penuh kerelaan hati. Mereka terlibat tanpa paksaan, baik sekolah maupun relawan/pegiatnya.

2. BEBAS KEPENTINGAN
Kegiatan ini bebas dari relasi dengan institusi perusahaan/lembaga tempat pegiat bekerja, relasi dengan motif pemasaran perusahaan dan berbagai kepentingan nonpendidikan yang tidak relevan. Satu-satunya kepentingan yang ada adalah demi masa depan anak-anak Indonesia.

3. SIAP BELAJAR
Bersikap terbuka dan saling belajar, pegiat/relawan dan semua pihak yang terlibat. Relawan terbuka dengan masukan dari relawan khususnya tentang penyelenggaraan kegiatan ini.

4. AMBIL BAGIAN LANGSUNG
Para pegiat dan juga pihak sekolah selalu siap turun tangan langsung, fokus pada aksi dan dampak bagi anak muda dan kemajuan bangsa. Kesiapan turun tangan juga dibuktikan dengan siap mengikuti kegiatan pada hari H dan siap untuk berkorban menyiapkan berbagai hal sebelum hari H.

5. SIAP BERSILATURAHMI
Terbuka untuk membangun silaturahmi, baik volunteer maupun pihak lainnya. Saling rendah hati dan tulus untuk terus menjalin silaturahmi demi kemajuan bangsa dan anak muda.

6. TULUS
Semua pihak percaya bahwa ini bukan tentang diri relawan, bukan tentang para pengurus tetapi demi anak-anak Indonesia yang akan lebih percaya diri dan siap berjuang mewujudkan cita-cita mereka.

Kategori: Artikel

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

WhatsApp WhatsApp Me