Situs website merupakan sekumpulan halaman web yang saling berhubungan dari domain inti dan beberapa sub domain untuk menampilkan informasi. Bagi mahasiswa/i UIN Sunan Gunung Djati Bandung, cukup banyak situs yang dapat diakses selama masa perkuliahan.

Berikut Situs Website Penting Bagi Mahasiswa UIN Bandung :

Website Resmi
Website resmi merupakan situs website penting bagi mahasiswa/i untuk mendapatkan segala informasi tentang UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Jika kampus merupakan bentuk fisik dari sebuah bangunan Perguruan Tinggi Islam Negeri, maka website resmi merupaan bentuk non-fisik yang dapat diakses secara online dari mana saja asal terjaring dengan internet.

Klik di sini untuk mengunjungi website resmi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Portal Akademik
Portal akademik merupakan situs website yang menampilkan Sistem Administrasi Layanan Akademik Mahasiswa (SALAM). Situs web ini pada setiap semester selalu diakses oleh mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung, pada umumnya di awal semester untuk keperluan mengisi Kartu Rencana Studi (KRS) dan di akhir semester untuk melihat Kartu Hasil Studi (KHS).Portal akademik menampilkan segala mata kuliah yang diikuti setiap semesternya, jika mahasiswa tidak mengisi atau memilih mata kuliah pada tiap semester, maka tidak bisa mengikuti mata kuliah pada semester tersebut dan harus mengambil pada semester/tahun berikutnya.

Klik di sini untuk mengunjungi website portal akdemik UIN Sunan Gunung Djati Bandung

E-Knows (LMS)

E-Knows adalah adalah sistem pembelajaran online yang interaktif di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Dosen dapat menyediakan bahan ajar, tugas, quiz, dan forum diskusi pada mata kuliah yang terdaftar, sekaligus memberikan penilaian secara online sehingga Mahasiswa dapat melihatnya juga.

Klik di sini untuk mengunjungi website E-Knows UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Language Center
Language center merupakan situs website yang menampilkan pendaftaran TOEFA/TOAFL. Biasanya mahasiswa yang berada pada semester tengah seperti 3 atau 4 mengikuti pelatihan dan ujian Test Of English For Academics (TOEFA) dan Test of Arabic as Foreign Language (TOAFL) sebagai salah satu rangkaian pendidikan pada masa perkuliahan yang harus diikuti.Mahasiswa tidak dipungut biaya untuk pelatihan dan ujian ini, karena sudah termasuk dalam tagihan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang tiap semester dibayarkan. Oleh karena itu, sayang sekali jika ada mahasiswa yang tidak mengikuti. Selain gratis, hasil bukti keikutsetaan (sertifikat) pun menjadi salah satu syarat pendaftaran sidang munaqosah.

Klik di sini untuk mengunjungi website Language Center UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Information Communication Technology (ICT)
Information Communication Technology merupakan pelatihan yang membantu mahasiswa dalam menggunakan teknologi informasi dan komputer, khususnya dalam digital academic writing. Pelatihan ini diikuti oleh mahasiswa semester 5 dalam satu semester, dengan 7x pertemuan dengan pembahasan yang berbeda-beda. Di akhir pertemuan akan ada ujian dan setiap mahasiswa yang mengikuti pelatihan ini mendapatkan sertifikat.

Klik di sini untuk mengunjungi website ICT UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kuliah Kerja Nyata
Kuliah Kerja Nyata adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Situs ini biasanya diakses oleh mahasiswa semester 6, karena Kuliah Kerja Nyata pun merupakan mata kuliah yang harus diambil oleh tiap mahasiswa.

Klik di sini untuk mengunjungi website KKN UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Aplikasi Pendaftaran
Aplikasi Pendaftaran merupakan situs yang dibuat untuk pengajuan pendaftaran Ujian Proposal, Ujian Munaqosyah dan Ujian Komprehensif. Biasanya situs ini diakses oleh mahasiswa tingkat akhir, yaitu semester 7 dan semester 8.

Klik di sini untuk mengunjungi website Aplikasi Pendaftaran UIN Sunan Gunung Djati Bandung

E-Journal
E-Journal UIN Sunan Gunung Djati Bandung merupakan situs yang dapat diakses oleh mahasiswa untuk menambah wawasan pengetahuan. Setiap jurusan memiliki nama jurnalnya masing-masing, seperti jurusan saya, Ilmu Al-Quran dan Tafsir. Nama jurnal jurusan saya yaitu Al-Bayan, klik di sini.

Klik di sini untuk mengunjungi website E-Journal UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Aplikasi Pendaftaran Wisuda
Aplikasi Pendaftaran Wisuda ini merupakan situs akhir yang sering diakses oleh mahasiswa, karena pada situs ini mahasiswa dapat mendaftarakan dirinya untuk mengikuti wisuda sesuai jadwal yang sudah disediakan.

Klik di sini untuk mengunjungi website Aplikasi Pendaftaran Wisuda UIN Sunan Gunung Djati Bandung

 

Apa lagi ya situs yang penting dan dapat diakses oleh Mahasiswa UIN Bandung? Boleh tambahkan di kolom komentar ya!

Kategori: Artikel