Pengarang kitab Tafsir Ad-Durrul Mantsur adalah Imam al Hafizh Jamaluddin Abul Fadl ‘Abdurrahman ibn Abi Bakr Muhammad as-Suyuthi asy-Syafi’iy. Beliau dilahirkan pada tahun 849 Hijriyah. Ayahnya wafat ketika beliau masih kecil, pada usia 5 tahun 7 bulan dan beliau dititipkan sekelompok ulama. Beliau banyak menghafal matan dan hadis dan berguru pada sekelompok ulama. Beliau dianggap sebagai ulama yang paling banyak mengarang kitab. Diantara ulama sezamannya, beliaulah yang paling tahu tentang hadis dan ilmu-ilmu cabangnya. Beliau pernah mengatakan tentang dirinya sendiri bahwa beliau hafal 200.000 hadis. Kata beliau: ‘Seandainya saya menemukan lebih banyak hadis lagi, pastikan saya hafalkan.”

Dalam kitab Tafsir ini Imam Suyuthi menafsirkan al-Qur’an dengan metode bil ma’tsur, menjelaskan al-Qur’an dengan hadis pendapat Sahabat dan para tabi’in. beliau menggunakan metode seperti ini karena sunah itu sebagai penjelas bagi al-Qur’an. Dapat diketahui bahwa bentuk-bentuk penafsiran bi al-Ma’tsur dapat dibagi menjadi 4 bagian yaitu:

  1. Penafsiran al-Qur’an dengan al-Qur’an
  2. Penafsiran al-Qur’an dengan Hadis
  3. Penafsiran al-Qur’an dengan perkataan Sahabat
  4. Penafsiran al-Qur’an dengan perkataan tabi’in

Corak penafsiran kitab ini melihat dari kepribadian beliau semenjak kecil, beliau dibesarkan dan menapaki karir dalam lingkungan madzhab Syafi’i. Sumber-sumber penafsiran secara keseluruhan kitab tafsir ini menggunakan penjelasan hadis Nabi maupun Sahabat dan Tabi’in yang dikutip dan dirujuk dari kitab-kitab hadis. Jadi corak kitab ini hanya mengedepankan penafsiran dengan hadis, pendapat dari para Sahabat dan Tabi’in.

Sistematika penafsiran beliau sangat tersusun di dalam penataannya di mulai dari surat al-Fatihah sampai surat an-Nas, kemudian dalam penafsirannya sangatlah jelas. Akan tetapi dari sudut tafsir lain tafsir ini mencampurkan semua hadis baik yang shohih maupun yang dhoif dan tidak disebutkan mana yang shohih dan mana yang dhoif. Dan tidak terdapat asbab an-Nuzul.

 

Silahkan download melalui link dibawah ini

 

WhatsApp chat WhatsApp Me