Teknis Pendaftaran Kuliah Kerja Nyata | KKN UIN Bandung - Fakhroyy

Apa tujuan kamu kuliah? Tidak sedikit yang menjawab dengan alasan ingin merasakan Kuliah Kerja Nyata (KKN), ya benar sekali. Kuliah Kerja Nyata adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa/i dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia atau di negara lain.

Biasanya mahasiswa/i yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata ini sedang berada di semester 6, atau ingin mendekat semester akhir. Pada saat ini saya merasakan hal tersebut, tetapi dengan kondisi yang berbeda pada umumnya. Saat ini masih berlangsung pandemi Covid-19 yang menjadikan akses keluar rumah terbatas termasuk penyelenggaraan Kuliah Kerja Nyata.

Apalagi, sudah ada surat edaran Direktur Diktis Kemenag RI Nomor B-713/DJ.I/Dt.I.III/TL.00/04/2020 serta hasil RAPIM UIN Sunan Gunung Djati 07/04/2020 yang memutuskan saat ini Kuliah Kerja Nyata diselenggarakan di rumah (KKN-DR).

Pendaftaran bisa dilakukan di sini dan untuk deadline pendaftaran s.d 30 April 2020, oh iya padahal Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) sudah menyiapkan beragam model KKN sebagai berikut ini :

Kuliah Kerja Nyata Dalam Negeri

  1. KKN Reguler
    adalah KKN Reguler/UMUM. Jenis KKN Reguler tergolong pada KKN Dalam Negeri.
  2. KKN Tematik
    adalah KKN Tematik. Jenis KKN Tematik tergolong pada KKN Dalam Negeri.
  3. KKN Responsif
    adalah KKN Responsif. Jenis KKN Responsif tergolong pada KKN Dalam Negeri.
  4. KKN Kolaboratif
    adalah KKN Kolaboratif. Jenis KKN Responsif tergolong pada KKN Dalam Negeri.
  5. KKN Terpadu
    adalah KKN Terpadu, diperuntukan bagi mahasiswa/i Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Jenis KKN Terpadu tergolong pada KKN Dalam Negeri.

Kuliah Kerja Nyata Luar Negeri

  1. KKN Tipe A
    adalah KKN Tipe A. KKN ini diperuntukan bagi mahasiswa/i asing yang melakukan Kuliah Kerja Nyata di negaranya.
  2. KKN Tipe B
    adalah KKN Tipe B. KKN ini diperuntukan bagi mahasiswa/i Indonesia yang melakukan Kuliah Kerja Nyata bersama mahasiswa/i asing di negera mahasiswa/i asing.
  3. KKN Tipe C
    adalah KKN Tipe C. KKN ini diperuntukan bagi mahasiswa/i yang melakukan Kuliah Kerja Nyata bersama NGO (non-goverment organitation)
  4. KKN Tipe D
    adalah KKN Tipe D. KKN Kolaboratif Luar Negeri bersama Perguruan Tinggi lain.

Ada 9 macam KKN yang bisa dipilih oleh mahasiswa/i sesuai dengan kebutuhan dan memiliki ketentuan yang berbeda-beda.

Sebab Pandemi Covid-19 menambah 1 jenis lagi yag disebut dengan KKN Dari Rumah (KKN-DR) yaitu adalah KKN DR (Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah). Berhubung adanya Pandemik Covid-19 dan sesuai edaran Direktur Diktis Kemenag RI Nomor B-713/DJ.I/Dt.I.III/TL.00/04/2020 serta hasil RAPIM UIN Sunan Gunung Djati 07/04/2020. KKN DR akan dilakukan oleh semua mahasiswa di rumah secara online. Untuk teknik lebih lanjut akan di informasikan kembali melalui situs resmi LP2M UINSGD https://lp2m.uinsgd.ac.id


Download Panduan Kuliah Kerja Nyata
UIN Sunan Gunung Djati Bandung


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *