Tulisan ini adalah kedua kalinya yang membahas mengenai trade-in, sebelumnya saya sudah membahasnya pada tulisan berikut ini, klik di sini. Mari kita ulas sebentar mengenai trade-i.

Trade-in adalah aktifitas melakukan konsumsi atau produksi dengan cara melepaskan barang lainnya

Pengertian tersebut lebih dapat dipahami dengan sebutan tukar tambah. Ini pertama kalinya saya melakukan transaksi tukar tambah melalui daring dari salah satu market place di Indonesia, yaitu Tokopedia. PT Tokopedia bekerja sama dengan PT Laku6 Online Indonesia dan PT Inti Paket Prima untuk memfasilitasi tukar tambah smartphone bekas ke smartphone baru dan layanan logistik tukar tambah di seluruh wilayah Indonesia.


Oppo F1S

Pada kali ini saya menukar smartphone Oppo F1s yang saya beli pada tahun 2016 lalu dan menambah uang untuk membeli smartphone baru merek Redmi Note 8. Smartphone ini saya beli untuk bunda tersayang, karena melihat smartphone yang digunakaan saat ini sudah kurang mendukung untuk dipakai, karena satu dan lain hal dan pada intinya untuk membuat beliau senang. Oleh karena itu, saya membelikan smartphone baru untuknya dan alhasil beliau senang sekali ketika smartphone ini sampai di rumah yang dikirim oleh kurir.

Berikut saya berikan siklus perubahan harganya :

Harga Redmi Note 8 : Rp. 2.151.000
Harga Jual Oppo F1s : Rp. 1.200.000
Diskon dari Tokopedia : Rp. 138.150
Ongkos Kirim : Rp. 30.000
Total : Rp. 812.850

Sila lihat invoice untuk lebih detailnya, klik di sini.


Redmi Note 8

Ada 8 langkah tukar tambah smartphone di Tokopedia :
  1. Buka Aplikasi Tokopedia
  2. Cari smartphone yang kamu inginkan dengan ketentuan toko dan barang tersebut bisa ditransaksikan dengan metode tukar tambah
  3. Klik tukar tambah
  4. Ikuti langkah untuk melakukan pengecekan fungsi secara otomatis
  5. Bagikan link yang didapatkan ke smartphone lain untuk cek fisik
  6. Buka link dan foto unit dengan tampilan layar menampilkan kode unik
  7. Tunggu sebentar dan nanti muncul harga final smartphone anda
  8. Pilih beli sekarang dan check out hingga melakukan transaksi pembayaran

Tapi tidak semua smartphone bisa dijual dengan sistem seperti ini, tapi jika penasaran dicoba dulu saja barangkali smartphone anda mendapatkan harga yang tinggi. Harga final bertahan selama 7 hari, jika sudah lewat maka anda perlu melakukan tes kembali seperti awal.

Kesimpulannya adalah metode ini bukan hanya mempermudah seseorang yang ingin melakukan trade-in, tetapi ia pun dapat save money. Memangkas kembali pengeluaran untuk membeli barang yang baru, oleh karenanya metode trade-in & save ini wajib anda coba!

Jangan lupa setiap membeli smartphone baru untuk cek IMEI di situs Kementerian Perindustrian Republik Indonesia agar memastikan smartphone yang anda miliki terdaftar atau bukan barang ilegal.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *