Alhamdulillah, segala pujian yang sempurna dan agung disampaikan kepada Allah, Tuhan yang telah menurunkan al-Qur’an sebagai petunjuk buat ummat manusia menuju kebenaran haqiqi, menjelaskan perbedaan yang haq dan yang batil, mengingatkan manusia akan kehidupan yang sebenarnya, baik di dunia maupun di akhirat. Pada akhirnya al-Qur’an akan menjadi syafa’at buat mereka yang menghormati dan menempatkannya pada posisi yang benar. Maha benar Allah dengan segala firman-Nya.

Semoga salawat dan salam selalu tercurah untuk manusia termulia yang pernah ada, nabi Muhammad ibn Abdillah ibn Abd al-Muttalib ibn Manaf al-Qurasyi. Nabi yang menerima wahyu dari Allah swt melalui Jibril as, menjaga dan menyampaikannya kepada ummatnya, mengamalkan isinya, menjelaskan perkara yang belum dimengerti sahabat-sahabatnya. Sungguh mulia Rusulullah saw yang berakhlakkan al-Qur’an ini. Semoga kita bisa menjadi ummatnya yang baik dan setia.

Semoga salawat dan salam juga Allah berikan kepada para sahabat, kerabat dan pengikut setia Rasulullah saw sampai akhir zaman. Amin.

Ketika al-Qur’an diakui dan disepakati oleh ummat Islam sebagai firman Allah yang Maha Benar, jauh dari kesalahan dan kekeliruan. Diturunkan kepada Muhammad saw untuk dijadikan bacaan sekaligus petunjuk untuk seluruh manusia, agar mereka dapat mengarungi kehidupan dengan selamat, baik di dunia maupun di akhirat.

Menyadari akan kedudukan al-Qur’an yang tinggi, manfaat al-Qur’an yang sangat besar dan al-Qur’an juga merupakan petunjuk bagi semua orang dari semua lapisan masyarakat, maka berdasarkan keyakinan itu memahami al-Qur’an menjadi suatu keniscayaan, kewajiban dan kebutuhan. Kebutuhannya tidak pada tahapan skunder, tapi sudah kebutuhan primer, mendesak dan urgen.

Ketika kata orang “dunia semakin gila”, arus informasi semakin tidak bisa dibendung, maka membentengi diri agar tetap kokoh dalam sendi-sendi agama harus diupayakan.  Semua ulama sepakat bahwa benteng terkokoh untuk menjaga keimanan adalah kembali kepada ajaran al-Qur’an dan Hadis.

Namun sayangnya, semua itu terkendala dengan realita yang kita lihat di tanah air, interaksi yang aktif antara seorang muslim dengan al-Qur’an terhambat dengan dua faktor utama: Al-Qur’an yang belum dihafal dan bahasa Arab yang kurang dimengerti. Jika kendala ini bisa diatasi, maka menjadikan al-Qur’an sebagai pedoman hidup akan lebih mudah.

Dua kendala besar itu sudah lama diupayakan oleh banyak ulama di tanah air. Pesantren Tahfiz sudah didirikan,  metode menghafal al-Qur’an dengan mudah sudah ditulis dan diperkenalkan. Hasilnya, sedikit banyaknya sudah nampak, sayang tingkat presentasenya belum sampai 5 % dari populasi muslim tanah air.

Kemajuan teknologi rupanya membawa berkah tersendiri buat ummat islam. Melalui media ini mereka bisa lebih akrab dengan ajaran agamnya. Pusat Kajian Hadis yang konsen dengan perkembangan ilmu keislaman yang dipadukan dengan teknologi, menghadirkan produknya yang ke-3 tentang al-Qur’an. Kali ini datang untuk melengkapi kebutuhan ummat Islam akan ilmu alat (media) yang akan mendekatkan mereka kepada al-Qur’an, menjadikan mereka mudah untuk membaca al-Qur’an, memahami al-Qur’an dan mengkaji al-Qur’an, merujuk dan mencari jawaban dari al-Qur’an.

Kemudahan tersebut terangkum dalam 11 program yang terintegrasi dalam 1 program dan dimuat dalam 1 keping CD. Ke11 program tsb adalah:

  1. al-Mushaf: bisa dibaca sebagaimana layaknya al-Qur’an cetak.
  2. al-Qur’an dan Terjemahannya: Teks al-Qur’an dan terjemahannya bisa langsung terlihat.
  3. Indeks Tematik al-Qur’an : Bisa membaca dan melihat tema isi kandungan al-Qur’an dalam bentuk skema besar, lebih detil dan lebih detil lagi, sampai akhirnya ditunjukkan ayat beserta arti tema berkaitan plus suara qori’.
  4. Mencari Ayat dengan teks al-Qur’an, Arab
  5. Mencari Terjemah dengan teks Indonesia
  6. Mencari Tema dengan teks Indonesia.
  7. Dapat mempelajari Bahasa Al-Qur’an, kata demi kata, sambil  menyimak bacaan Qori ‘ kenamaan.
  8. Dapat Mendengar al-Qur’an secara utuh dengan 3 Qori kenamaan (Syeikh al-Hushori, Syeikh al-Khuzaifi, dan Syeikh Sudais)
  9. Dapat merekap bacaan tadarus, sehingga dapat diketahui seberapa banyak bancaan al-Qur’an anda untuk masa tertentu.
  10. Dapat membaca Tafsir Jalalain (teks asli, Arab)
  11. Dapat  melihat dan membaca Hadis-hadis Keutamaan al-Qur’an.


Download Aplikasi Al-Quran Al-Hadi Versi Dekstop

 


Download Aplikasi Al-Quran Al-Hadi Versi Android

 

Sumber : https://karya.pkh.or.id/

Kategori: Ebook

Tinggalkan Balasan

WhatsApp chat WhatsApp Me