Setelah mengikuti Uji Kemahiran Berbasa Indonesia (UKBI) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 3 tahu lalu, klik disini untuk cerita lengkapnya. Sekarang saya sudah mengikuti Test of Arabic as Foreign Language (TOAFL) yang diselenggarakan oleh UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Sebelum mengikuti tes tersebut mahasiswa/i dianjurkan untuk mengikuti kursus bahasa untuk persiapan tes, hingga pada akhirnya hasil dari tes ini berupa sertifikat yang dapat menunjang mahasiswa dalam kegiatan yang lainnya.

TOAFL adalah ujian berbasis komputer yang digunakan untuk menguji kemahiran berbahasa Arab bagi non-native speaker dalam akademik konteks. Terdapat tiga kemahiran yang diuji pada tes ini, diantaranya:

  • Maharatul Istima’: Bagian ini mengukur kemampuan peserta dalam memahami percakapan bahasa Arab dalam konteks akademik, seperti diskusi dan pertemuan kelas.
  • Qawa’id: Bagian ini mengukur kemampuan peserta dalam memahami struktur kalimat dan penggunaan qawa’id yang tepat.
  • Maharatul Qira’at: Bagian ini mengukur kemampuan peserta dalam membaca dan memahami teks akademik dalam bahasa Arab.

Alhamdulillah, kuliah di UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini bisa mengikuti TOAFL sebagai menguji kemampuan diri dalam berbahasa Arab dan manfaat lainnya, semoga saya bisa mengikuti TOAFL di tempat dan waktu yang entah kapan pastinya 🙂


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

WhatsApp WhatsApp Me