Setelah selesainya masa kepengurusan Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Alquran dan Tafsir periode 2017/2018 yang di pimpin oleh Muhammad Yuga Fadhilah dengan nama kabinet yaitu revolusioner maka estafet kepengurusan setelah melewati masa Pemilu Raya, Musyawarah Kosma (MUSKOM), dll. Ditetapkanlah Apip Ruhimat sebagai Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Alquran dan Tafsir periode 2018/2019.

Hari Jumat, 23 November 2018 saya mengikuti Open Recruitment pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Alquran dan Tafsir periode 2018/2019, datang di sore hari ke ruangan sekretariat HMJ Ilmu Alquran dan Tafsir bertempat di Gedung SC lantai 2. Ada tiga alasan saya mengikuti Open Recruitment, diantaranya adalah :

    1. Hanya ketika menjadi mahasiswa saya bisa merasakan menjadi pengurus HMJ, dan di semester 3 ini adalah waktu yang tepat untuk mengikutinya.
    1. Dengan mencintai jurusan, maka saya harus masuk ke dalam ranah mahasiswanya yang dapat memajukan kualitas jurusan yaitu HMJ.
  1. Percaya diri bahwa saya bisa berkontribusi dan berdedikasi di HMJ Ilmu Alquran dan Tafsir periode 2018/2019.

Dengan tiga alasan tersebut saya memberanikan diri untuk melangkahkan kaki masuk ke dalam ruangan dengan niat untuk mendaftarkan diri sebagai pengurus Departemen Pengembangan Aparatur Organisasi (PAO), di dalam ruangan sudah ada 2 orang yang akan mewancarai saya yaitu Ketua Umum Apip Ruhimat dan Bendahra Umum Husain Saepudin. Berbagai pertanyaan diajukan berlangsung kurang lebih 15 s/d 20 menit dan formulir yang sudah ditulis saya serahkan ke Sekretaris Umum Rafi Rijali.

Menunggu pengumuman hasil Open Recruitment, pada hari Senin, 26 November 2018 saya mendapat pesan sebagai berikut :

PENGUMUMAN
_________

Assalamualaikum
Sahabat Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir

Puji syukur selalu kepada Allah SWT, Shalawat teriring salam selalu kepada Nabi SAW.

Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim serta mengharapkan ridha Allah Swt., Pengurus HMJ-IAT periode 2018/2019, setelah:

MENIMBANG :
Hasil OPREC HMJ-IAT periode 2018/2019 perlu diumumkan kepada anggota baru.

MENGINGAT :
Rapat Pimpinan KADEP dan SEKDEP pada Senin, 26 November 2018 di Bandung.

MEMPERHATIKAN :
Aspirasi yang berkembang di lingkungan Pengurus HMJ-IAT periode 2018/2019.

MEMUTUSKAN :
Mengangkat saudara yang beridentitas:

Nama : Fakhri Putra Tanoto
NIM : 1171030068

sebagai PENGURUS BARU HMJ IAT 2018/2019 dalam
DEPARTEMEN PAO (PENGEMBANGAN APARATUR ORGANISASI)

Selamat dan semoga apa yang diucapkan, dikatakan, dinyatakan dalam sesi Interview, tidak berakhir dengan Wacana. Aamiin ya Allah ya Rabbal ‘alamiin

Dan dimohon untuk datang pada
Hari : Selasa, 27 November 2018
Jam : 17:30 WIB
Tempat : Sekre HMJ IAT (SC. Lantai 2)

Sekian, Terimakasih.
wassalamu’alaikum

#HIMPUNANMAHASISWAJURUSAN
#ILMUAL-QUR’AN DAN TAFSIR
#PERIODE2018/2019

Itulah pesan yang saya terima dari Sekretaris Umum II Zakiyatun Nufus, alhamdulillah semoga bisa istiqomah untuk 1 periode ke depan.

Hari Jumat, 30 November 2018 diselenggrakannya Pelantikan Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Alquran dan Tafsir periode 2018/2019 di Aula Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Acara yang dimulai pada pukul 09.00 WIB oleh pembawa acara Rizqia Amalia, dia adalah teman lama yang sama-sama memperjuangkan Syahadah Alquran ketika belajar di Pesantren Alquran Nurul Furqon Al-Husni Cibinong Bogor dan ternyata dipertemukan kembali dalam belajar di UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan jurusan yang sama. Sebetulnya ada satu lagi, mungkin ia menjadi senior saya juga di jurusan yaitu Kania Aprilia, teman sejawat dulu tetapi berbeda semester sekarang 😂

Acara pelantikan yang dihadiri oleh :

  1. Dr. Engkos Kosasih, Lc., M.Ag selaku Wakil Dekan III
  2. Dr. Ali Masrur, M.Ag selaku Ketua Jurusan Ilmu Alquran dan Tafsir
  3. Dr. Izzah Faiziyah, M.Ag selaku Sekretaris Jurusan Ilmu Alquran dan Tafsir
  4. Demisioner Pengurus HMJ Ilmu Alquran dan Tafsir periode 2017/2018
  5. Serta para tamu undangan lainnya

Acara pelantikan yang tenang karena dibacakannya lantunan ayat suci Alquran oleh Parid Nurjaman selaku Ketua Departemen Minat dan Bakat, lalu dilanjutkan dengan sambutan dan arahan oleh Ketua Jurusan Ilmu Alquran dan Tafsir, beliau berpesan bahwa

Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan jangan sampai melupakan belajar, jadikan organisasi HMJ sebagai nilai lebih untuk kalian. Bukan malah memprioritaskan organisasi daripada belajar.

Setelah sambutan Ketua Jurusan selesai, acara selanjutnya Wakil Dekan III membaca Surat Keterangan (SK) Dekan Fakultas Ushuluddin mengenai susunan pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Alquran dan Tafsir periode 2018/2019 lalu dilanjutkan dengan prosesi sumpah pengurus yang dibimbing oleh Wakil Dekan III, seruan sumpah yang diawali dengan radhitubillahirabba dst menjadi janji suci pengurus.

Diakhir acara, ada arahan dan pesan dari perwakilan Senat Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan demisioner. Banyak pengalaman keluh dan kesah yang menjadikan para pengurus lebih semangat untuk melanjutkan estafet kepengurusan ini.

Setelah sahnya menjadi pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Alquran dan Tafsir periode 2018/2019, maka tugas pengurus yang pertama adalah merencanakan Musyawarak Kerja (Musker). Pada acara perdana ini, saya perwakilan dari Departemen Pengembangan Aparatur Organisasi mendapat amanah menjadi Ketua Pelaksana agar terselenggaranya Musyawarah Kerja untuk HMJ Ilmu Alquran dan Tafsir periode 2018/2019 ini.

Dari berbagai problematika mengenai lokasi Musyawarah Kerja yang awalnya dijadwalkan di Cianjur oleh Ketua Umum karena satu dan lain hal sehingga dialihkan ke tempat yang lain. Dalam waktu tidak lebih dari satu hari mencari tempat yang bisa dijadikan lokasi Musyawarah Kerja, dan alhamdulillah mendapat tempat yang layak yaitu di Villa Lamping Manglayang, klik disini untuk melihat lokasi.

Waktu pemberangkatan pengurus secara bersama ke lokasi yaitu Ba’da Dzuhur dengan titik kumpul di depan Gedung O. Djauharuddin AR atau yang akrab dengan sebutan Gedung Rektorat. Setiba di lokasi para pengurus menikmati pemandangan sekitar Villa Lamping Manglayang, karena memang tempatnya yang sejuk apalagi ditambah dengan banyaknya tanaman dan bunga-bunga yang menghiasi daerah villa.

Pukul 13.30 WIB acara dimulai dengan diskusi setiap departemen, Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Alquran dan Tafsir periode 2018/2019 memiliki 7 departemen :

  1. Departemen Pengembangan Aparatur Organisasi
  2. Departemen Nalar dan Intelektual
  3. Departemen Minat dan Bakat
  4. Departemen Sosial Masyarakat
  5. Departemen Komunikasi dan Informasi
  6. Departemen Ekonomi Kreatif
  7. Departemen Keperempuanan

Segala program kerja yang ingin dilaksanakan selama satu periode ke depan oleh setiap departemen ditentukan secara kesepakatan bersama layak atau tidak layaknya diadakan, malam harinya diselenggarakan Sidang Pleno yang yang dibuka oleh Steering Committee yaitu Muhammad Yoga Firdaus. Saya selaku Ketua Pelaksana diberi waktu untuk sambutan oleh Ketua Umum, saya berpesan kepada para pengurus

Mohon ikuti sidang ini dengan serius dan bijaksana, karena sidang ini menentukan pergerakan awal kita untuk satu periode ke depan, dan saya memohon maaf jika selama kegiatan Musyawarah Kerja ini ada kekurangan.

Setelah mengikuti sidang yang cukup lama, kurang lebih 13 jam mulai dari pukul 21.00 hingga 10.00 rasa ngantuk dan lelah pun dirasakan oleh seluruh pengurus tetapi ini memang kewajiban pengurus untuk menyelesaikan sidang. Salah satu hasil kesepakatan bersama bahwa nama kabinet HMJ Ilmu Alquran dan Tafsir periode 2018/2019 adalah Kabinet Integritas dengan salamnya yaitu Salam IntegritasTogether is Power. Semoga segenap pengurus dapat diberi kesehatan agar bisa menjalankan program kerja yang sudah disepekati bersama, aamiin.

Sebelum pulang, hal yang penting ketika mengadakan kegiatan adalah dokumentasi. Maka sesi foto dan vidio diselenggarakan agar mengenang kegiatan yang sudah diselenggarakan selama 2 hari ini.

http://bit.ly/Musyker18-19


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WhatsApp Me